Kreasi "Anime Batik" ala Mahasiswa UNY

Anime
Sumber :
  • Nina/ VIVAnews
VIVAnews - Beragam cara dilakukan untuk melestarikan batik, warisan budaya bangsa dan salah satu pakaian tradisional Indonesia yang terkenal sampai ke manca negara. Peran penting dipundak generasi muda agar batik tidak punah oleh perkembangan zaman dan teknologi.
40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan
 
Salah satu cara untuk melestarikan yaitu membuat motif batik kontemporer seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY. Syaiful Amri, Agus Rahmat Hidayat, Rantau Indramawan, Dhanianto Choirudin M, Novi Arumnika,  bersama-sama membuat motif  “Anime Batik”
Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global
 
Anime adalah sebuah animasi dari Jepang yang ditunjukkan dengan gambar-gambar berwarna-warni yang ditunjukkan untuk menjadikan ciri khas dari sebuah tokoh,  selain  itu  pula  anime  bukan  hanya  untuk  kaum anak-anak,  melainkan remaja, dan orang dewasa. Inovasi baru dengan menyisipkan gambar anime ke dalam motif akan menimbulkan kesan modern sehingga konsumen tidak bosan dengan batik yang ada dipasaran.
Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran
 
“Di Indonesia peminat anime begitu cepat berkembang khususnya generasi muda, hal terbukti dengan banyaknya komunitas-komunitas yang meniru gaya berpakaian dari tokoh anime yang ada di Jepang. Adapun beberapa anime yang cukup terkenal di Indonesia diantaranya Naruto, Onepiece, dan Bleach,” kata Amri, Rabu 30 Juli 2014.
 
Dengan melihat perkembangan dan kepopuleran anime yang banyak disukai diberbagai kalangan baik dari segi gambar maupun karakter   maka   membuka peluang   usaha   baru bagi kami  yaitu   dengan   memadukan kombinasi antara gambar anime dengan motif batik yang ada di Indonesia.
 
Amri menjelaskan metode yang digunakan dalam pembuatan produk ini yaitu dengan metode cap dan tulis. Dengan kedua metode tersebut  dapat dihasilkan baju batik dan kain batik yang mempunyai inovasi  menarik yang digemari generasi muda. Dengan demikian usaha “Anime Batik” sangat potensial untuk dikembangkan.
 
“Untuk produk baju hem batik cowok kami jual dengan harga Rp150.000, kain hem batik cewek Rp160.000, dan kain batik Rp150.000,” kata Amri. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya