Belasan Pengunjung Pantai Selatan Diserang Ubur-ubur

Ubur-ubur
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews -
Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat
Kegembiraan warga yang mengunjungi Pantai Selatan Gunung Kidul, Yogyakarta, di saat liburan lebaran sedikit berkurang akibat serangan ubur-ubur. Belasan orang menjadi korban sengatan binatang tak bertulang belakang ini.

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Sebagian besar korban serangan ubur-ubur jenis biru atau impes di Pantai Kukup ini adalah anak-anak. Saking banyaknya korban jatuh, tim SAR sampai kewalahan menanganinya.
Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir


Seorang anak yang menjadi korban terlihat menangis histeris menahan sakit sambil digendong ibunya. Kebanyakan mereka disengat di kaki dan tangan saat berenang di laut. Sebagai pertolongan pertama dan untuk menetralisir racun, petugas mengoleskan alkohol pada luka sengatan.


Ubur-ubur kecil sebesar ibu jari ini biasa muncul saat musim air laut dingin. Penyebaran hewan ini merata di seluruh kawasan Pantai Selatan Gunung Kidul. Jika terkena sengatannya awalnya tidak terasa, namun setelah lima menit racunnya akan menjalas ke tubuh.


Korban akan merasakan sakit yang luar biasa hingga ke persendian, bahkan sakit perut dan sesak nafas. Menurut salah satu tim SAR Pantai Kukup, Bendi Sugianto, pada libur lebaran hari kedua ini, Selasa, 29 Juli 2014, sudah 18 pengunjung menjadi korban sengatan ubur-ubur.


(Lucas Didit/TVOne Yogyakarta)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya