Arus Balik Jabar, Hindari Jalur Wisata Penyebab Kemacetan

Puncak arus balik
Sumber :
  • ANTARA/Rudi Mulya
VIVAnews - Setelah arus mudik Lebaran berakhir, jajaran Polres Garut kini menghadapi arus balik Lebaran yang diperkirakan akan lebih padat, mengingat pada arus balik akan diwarnai arus wisata Garut.
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

Kapolres Garut AKBP, Arif Rachman, mengungkapkan bahwa selepas Lebaran obyek wisata di Garut dipastikan banyak didatangi para pengunjung, sehingga aktivitas keluar masuk kendaraan dari lokasi wisata akan menghambat arus kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Bandung yang melewati jalur Kadungora.
Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

"Memang untuk arus balik Lebaran ini dipastikan akan berbarengan dengan arus wisata di Garut sehingga kepadatan memang kami akui akan terjadi disepanjang jalur Kadungora," ujar Arif kepada wartawan, Senin 28 Juli 2014.
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Beberapa simpul kemacetan di sepanjang jalur Kadungora diantaranya di kawasan obyek wisata Cipanas Tarogong, Sentra oleh-oleh Garut di Jalan Oto Iskandar Dinata Tarogong, Cangkuang Leles dan Cikembulan Kadungora.

"Jadi keluar masuk kendaraan menuju obyek wisata inilah yang kami waspadai sehingga akibat perpotongan jalur akan menghambat arus balik nanti," ungkap Arif.

Lanjut Arif, pihaknya akan memperkuat personel di setiap persimpangan jalur menuju obyek wisata serta mempergunakan jalur alternatif apabila terjadi kepadatan kendaraan.

"Disamping itu kami juga sudah mengimbau agar para pemilik toko di sentra oleh-oleh agar menyiapkan petugas parkir agar saat kendaraan berhenti tidak mengganggu arus balik. Mudah-mudahan dengan rekayasa arus lalulintas yang kami siapkan kepadatan yang kami prediksi bisa terpecahkan," kata dia.

Titik Kepadatan

Kepadatan arus wisata paska Lebaran yang diperkirakan akan mengalami kepadatan antara lain, obyek wisata Darajat di kecamatan Pasirwangi, Cipanas Tarogong Kaler dan Situ Bagendit Kecamatan Banyuresmi.

Di obyek wisata Derajat, jalur Samarang hingga Kecamatan Pasirwangi dipastikan akan mengalami kepadatan arus lalulintas, kondisi jalan yang relatif sempit akan menampung arus kendaraan dengan perbadingan antara badan jalan dan volume kendaraan tak seimbang mengingat jalur Samarang hingga Pasirwangi mentok.

Untuk mengurangi kepadatan arus kendaran disekitar Kecamatan Samarang, biasanya petugas mengalihkan sebagian kendaraan (jenis kendaraan kecil dalam kondisi prima) menuju jalur Kamojang keluar menuju Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.

Kepadatan arus lalulintas di kawasan obyek wisata Cipanas Tarogong, petugas melakukan rekayasa jalur masuk dan keluar, untuk kendaraan masuk melalui jalur jalan Oto Iskandar Dinata dan eks kantor Kecamatan Tarogong Lama sementara itu untuk jalur keluar mengambil jalur Ikan mas Tarogong.

Adapun untuk untuk obyek wisata Situ Bagendit Banyuresmi petugas hanya melakukan pengaturan keluar masuk kendaraan di areal parkir Situ Bagendit.

Hal yang sama juga berlaku untuk obek wisata Cangkuang Leles dan Taman Satwa Cikembulan Kadungora, petugas melakukan pengaturan keluar masuk kendaraan dijalur Kadungora antara Garut-Bandung dengan memfungsikan jalur alternatif Cijapati menuju Majalaya Bandung. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya