Menakertrans: Sidak Pemeras TKI Harus Rutin

Muhaimin Iskandar Jadi Saksi di Pengadilan Tipikor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, mengaku senang dengan adanya inspeksi mendadak (sidak) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kepolisian di terminal II Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Sidak itu berlangsung setelah ada laporan soal pemerasan terhadap para TKI yang baru tiba di Indonesia.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Mereka berhasil tangkap para pemeras TKI. Muhaimin mengatakan, sidak itu sebenarnya dilakukan secara rutin. Jika tidak, pemerasan itu akan kembali terjadi.

"Di situ siklusnya rutin, karena memang perlu rutinistas. Lengah sedikit, datang lagi. Kami senang soal itu," kata Muhaimin di Istana Negara, Jakarta, Senin 28 Juli 2014.

Muhaimin mengatakan, siapa pun yang terlibat pemerasan terhadap TKI harus diberi sanksi.

"Sanksi bisa dari kepolisian, bisa dari mana saja. Aturannya memang saya, makannya saya bebaskan urusan TKI tidak dari satu pintu. Bisa dari mana saja," kata dia.

Sidak KPK

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Sebelumnya, KPK bersama Kepolisian serta Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) melakukan inspeksi mendadak di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu dini hari tadi.

Inspeksi itu bertujuan untuk melakukan pengecekan bagaimana sistem proses kepulangan TKI ke tanah air. Namun, dalam pelaksanaannya, tim yang melakukan sidak menemukan adanya tindakan pemerasan oleh oknum kepada para TKI.

Sebanyak 18 orang kemudian diamankan karena diduga terlibat tindak pemerasan itu. Bahkan, diketahui terdapat oknum dari unsur TNI AD dan dari unsur kepolisian yang ikut diamankan, karena diduga terlibat.

Ketua KPK Abraham Samad mengatakan bahwa KPK telah mengkaji soal TKI ini sejak 2006. Kajian tersebut, memerlukan waktu cukup panjang hingga mendapat kesimpulan terdapat banyak pelanggaran dalam proses kepulangan TKI.

Langkah tersebut, kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan inspeksi mendadak bersama pihak kepolisian dan UKP4.

Menurut Abraham, KPK akan melakukan kajian ulang berdasarkan hasil inspeksi tersebut. Hasil dari kajian itu akan juga berupa rekomendasi kepada para pihak terkait, untuk melakukan perbaikan dalam sistem kepulangan TKI berjalan sebagaimana mestinya. (ren)

Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024