Warga Sukabumi Tangkap Belut Raksasa Seberat 12 Kg

Belut raksasa yang dtangkap warga Kebon Jati Cikole, Sukabumi
Sumber :
  • ANTV/Mohammad Akasah
VIVAnews - Seekor belut sawah atau dikenal dengan moa, menarik perhatian warga Kelurahan Kebon Jati, Cikole, Sukabumi. Pasalnya belut sawah itu tergolong besar dari ukuran normal. 
Sepekan Terjadi 30 Bencana Besar di Jateng, Pj Gubernur: Percepat Penutupan Tanggul

Belut raksasa dengan bobot 12 Kg dan panjang 1,5 meter berhasil ditangkap di pemukiman warga setelah diburu selama 1 tahun. Butuh 7 warga untuk menangkap belut itu dengan jaring. 
Warga Binaan Rutan Tangerang Ditemukan Tewas Gantung Diri

Belut raksasa selama ini biasanya memiliki panjang sekitar 50-125 cm dan bobot sekitar 250-500 gram. Belut ini biasanya hidup di perairan payau yaitu muara air laut yg menjorok ke sungai. Kini warga menyimpan belut raksasa itu di bak mandi.
Influencer dan Gamer dari Seluruh Dunia Siap Menyerbu Tangerang, Banten

Penemu belut, Muhlar, Minggu 27 Juli 2014 mengatakan warga sudah memburu belut itu selama setahun. Belut itu diketahui sering muncul di Sungai Cileles, Kampung Kebon Jati. Sayangnya selama itu, warga tak berhasil menangkapnya.

Belakangan, diketahui, belut itu masuk ke sebuah lubang yang airnya mengalir ke kolam milik Muhlar. Kemudian warga ramai-ramai menutup rapat jalur air tersebut. Alhasil, belut dapat ditangkap oleh 7 warga. 

Muhlar memperkirakan masih ada 2 ekor belut raksasa sejenis di sekitar lokasi. Diperkirakan bobotnya lebih kecil, sekitar 1 dan 3 kg. Belut raksasa itu rencananya bakal dijual. 

(Laporan : Mohammad Akasah/antv Sukabumi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya