H-2 Lebaran, 108 Ribu Kendaraan Melintas di Jalur Nagreg

Ilustrasi/Jalur mudik kawasan Jalan Raya Nagreg, Kabupaten Bandung
Sumber :
  • Antara/ Fahrul Jayadiputra
VIVAnews
Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi
– Jumlah kendaraan yang melintasi wilayah Nagreg, Jawa Barat mengalami peningkatan signifikan pada H-2 Lebaran atau Sabtu 26 Juli 2014 dan melebihi jumlah kendaraan yang melintas pada H-3 Lebaran atau Jumat 25 Juli 2014.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Berdasarkan catatan petugas Penghitungan Arus Posko Nagreg Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung, hingga Sabtu sore, sebanyak 108 ribu lebih kendaraan melintasi kawasan Nagreg yang menjadi akses utama para pemudik menuju wilayah priangan timur. Kendaraan pelat B masih tampak dominan melintasi jalur Nagreg.
Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan


Penanggung Jawab Penghitungan Arus Posko Nagreg Dishub Kabupaten Bandung Eric Alam Prabowo mengungkapkan, kendaraan yang melintasi arah menuju kota Tasikmalaya sudah melebihi kapasitas jalan. Akibatnya kemacetan panjang terjadi hingga sekitar 10 kilometer dari kawasan Nagrek hingga Limbangan.


"Jumlah kendaraan yang melintasi jalur Nagreg hari ini meningkat tajam dibandingkan hari-hari sebelumnya. Akibatnya terjadi kepadatan arus kendaraan. Kondisi ini diperparah karena terjadi penyempitan badan jalan di Pasar Limbangan dan Pasar Leles Garut sehingga volume kendaraan dari arah Barat ke Timur tersendat," kata Eric


Menurutnya jumlah kendaraan yang melintasi jalur Nagreg menuju kota/kabupaten di wilayah Priangan Timur, seperti Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Pangandaran dan Garut, pada H-2 Lebaran sudah melampui jumlah kendaraan pada puncak arus mudik tahun 2013 yang terjadi pada H-2 Lebaran yakni 105.112 kendaraan.


Sementara itu, kepadatan kendaraan juga terjadi di gerbang Tol Cileunyi yang menjadi pintu utama para pemudik roda empat menuju wilayah Priangan Timur. Menurut Kepala Shift Gerbang Tol Cileunyi Elih Mulyawati, total kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cileunyi mencapai sekitar 53 ribu hingga 55 ribu kendaraan.


Bahkan kata Elih, pada shift Sabtu pagi 26 Juli 2014, sempat terjadi antrean kendaraan hingga sepanjang 12 kilometer di sekitar Gerbang Tol Cileunyi. "Penyebabnya karena terjadi kemacetan di jalur setelah pintu keluar Tol Cileunyi menuju Nagreg," ujar Elih.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya