Ratusan Kendaraan Menumpuk di Gerbang Keluar Cikampek

Macet parah di Cikampek.
Sumber :
  • Jay Ajang/VIVAnews
VIVAnews -
Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad
Antisipasi kepadatan di Jalur Pantura, petugas kepolisian mengalihkan kendaraan yang keluar melalui gerbang Tol Cikopo Cikampek, menuju Jalur Selatan melewati Sadang Purwakarta, Jawa Barat.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Pengalihan terjadi sejak pukul 11.20 WIB, Sabtu 26 Juli 2014, hingga kepadatan di Jalur Pantura berkurang. Sebelumnya, hal serupa juga sudah dilakukan pada pagi tadi sejak pukul 07.15 hingga 08.00 WIB.
Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi


Namun, pengalihan itu tak serta merta diikuti oleh para pengguna kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun bus angkutan umum. Mereka memilih menunggu, sampai Jalur Pantura kembali dibuka.


Akibatnya, antrean panjang terjadi di gerbang keluar Tol Cikopo Cikampek. Pantauan dari Sentra Komunikasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, antrean bahkan terjadi sejak Kilometer 69 hingga 73.


"Banyak yang ngotot lewat Pantura, makanya mereka nunggu sampai dibuka," kata Dirman Petugas Sentra Komunikasi Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek.


Meski sudah kembali ramai, namun di jalan Tol Jakarta-Cikampek, kendaraan bergerak dengan lancar menuju arah Cikampek. Bahkan, di gerbang Tol Cikarang Utama, tidak ada antrean yang cukup berarti.


"Antrean hanya terjadi sejak Kilometer 55 di Karawang Timur sampai Kilometer 66, sebagai imbas kendaraan yang keluar di gerbang Tol Sadang," kata Dirman.


Di jalan Tol Jakarta-Cikampek, antrean terjadi akibat meningkatnya volume kendaraan. Bukan, karena kecelakaan yang belum terjadi sejak pagi tadi.


"Puncak arus mudik diperkirakan pada H-3 dan H-2 hari ini. Kendaraan akan terus meningkat sehabis Ashar," katanya.


Selama arus mudik dan balik, PT Jasa Marga Cabang Tol Jakarta-Cikampek menyiagakan sebanyak 22 unit mobil derek gratis. Setiap mobil berpatroli sejauh 10 Kilometer. Tol Jakarta-Cikampek memiliki panjang hingga 73 Kilometer.


"Mobil derek untuk antisipasi, kalau ada kecelakaan biar langsung dievakuasi. Itu, agar tidak menimbulkan kemacetan," tutur Dirman. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya