30 Agustus, Jembatan Comal Berlaku untuk Arus Balik

Jemabatan Comal amblas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
VIVAnews - Kementerian Perhubungan memastikan jembatan Comal, Pemalang, sudah bisa dilewati oleh kendaraan para pemudik untuk arus balik pada akhir Agustus nanti.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Sebelumnya, jembatan ini sudah dilalui untuk arus mudik, dari arah Barat menuju Timur Pantai Utara Jawa Tengah. Batas maksimal muatan jembatan tersebut, hanya seberat 10 ton saja. 
Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

"Jembatan Comal sudah bisa dilewati oleh kendaraan kecil satu arah," ujar Humas Kementerian Perhubungan, JA Barata, Sabtu 26 Juni 2014.
Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Barata menambahkan, pada 30 Agustus 2014 nanti, kendaraan yang bisa melewati jembatan ini hanya berlaku untuk arus balik yakni dari Timur ke Barat. 

"Kalau sudah tanggal 30 Agustus berlaku untuk arus balik saja, dari Timur ke Barat," ungkap dia.

Terkait puncak arus mudik, menurut Barata, masih harus dipantau pergerakan jumlah pemudik yang ke luar kota pada malam ini. 

"Tadi malam saja, kalau dilihat dari data-data sebelumnya masih banyak yang belum mudik," kata dia.

Kementerian Perhubungan menyarankan, para pemudik untuk senantiasa menjaga ketertiban. Sebab, dengan cara itu kemacetan di beberapa titik bisa berkurang.

"Kemacetan terjadi, karena orang mudik bersamaan di hari yang sama, sehingga jalan tidak menampung hal itu. Selain itu, perilaku tidak tertib juga akan menambah kemacetan," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, jembatan Comal yang menghubungkan Pemalang dan Pekalongan ambles sekitar 20 centimeter. 

Meski dibuka untuk arus mudik pada Kamis 24 Juli 2014, pukul 24.00 WIB, jembatan itu terus diamati secara mendetail, apakah terdapat perubahan pergerakan atau tidak. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya