KPK Sidak di Bandara Soetta, Petugas Imigrasi Gugup

Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Octavianus
VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama tim Bareskrim Mabes Polri dan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), tengah malam hingga dini hari tadi, menggelar sidak ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sidak ini, ingin mengetahui dugaan pemerasan terhadap para TKI.
Finance Minister Held Meeting to Discuss Impact of Iran-Israel Conflict

Dalam sidak tersebut, pimpinan KPK menyempatkan mampir ke ruangan serta Konter Imigrasi di terminal kedatangan.
Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Asisten Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Tri Atmojo Sejati dalam keterangan tertulis hari ini, Sabtu 26 Juli 2014, mengatakan sekitar pukul 01.25 WIB tadi, pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjayanto, didampingi puluhan wartawan mendadak masuk ke ruangan imigrasi. Rombongan ini menemui dua orang petugas imigrasi yang saat ditemui sedang menyantap pecel ayam di dalam ruangan. 
KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

Kehadiran pimpinan KPK sempat mengejutkan, namun dengan tersenyum, Ketua KPK kemudian menyapa, "Sedang sahur ya Mas...", sapa Abraham kepada petugas imigrasi.

Usai menyapa pelan, Abraham menanyakan tentang kinerja petugas. Tak hanya itu saja, Ketua KPK juga memeriksa meja, laci serta tas yang ada di ruangan tersebut. Namun, tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan. 

Pada kesempatan itu, Ketua KPK berpesan agar petugas terus melaksanakan tugas dengan baik.

Saat melewati Konter Pemeriksaan Imigrasi, salah satu wartawan meminta pimpinan KPK turut memeriksa petugas Konter Imigrasi. Mendengar permintaan pewarta itu, langkah rombongan terhenti di dekat konter. 

Petugas konter yang bernama Kasim kemudian disapa oleh kedua Pimpinan KPK tersebut. 

Kepada Kasim, Abraham menanyakan kebenaran apakah warga negara asing selalu menyelipkan uang di dalam paspor ketika diperiksa oleh petugas imigrasi. "Tidak pak," jawab Kasim dengan gugup. 

Tak puas dengan jawaban itu, Bambang Widjayanto kemudian naik ke Konter Imigrasi guna memeriksa meja serta tas petugas tersebut. Di dalam tas hanya ditemukan stempel, tinta stempel, serta surat tugas atas nama petugas tersebut.

Diapresiasi

Menanggapi rombongan sidak rombongan KPK itu, Denny Indrayana, Wakil Menteri Hukum dan HAM, mengatakan sudah menerima laporan tersebut dari Kepala Kantor Imigrasi Soekarno Hatta. 

Denny berterima kasih dan mengapresiasi para petugas imigrasi yang menjaga integritas tersebut. 

Kemenkumham menegaskan, memang terus berusaha keras melakukan perbaikan pelayanan publiknya. 

Buktinya, pekan lalu, Ombudsman Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Kemenkumham sebagai peringkat pertama untuk kementerian dalam hal pelayanan publik. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya