Pemerasan TKI, KPK Telusuri Keterlibatan BNP2TKI

Abraham Samad
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari
VIVAnews
Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional
- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama polisi telah mengamankan 18 orang yang diduga terlibat praktik pemerasan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Ketua KPK Abraham Samad, mengatakan KPK akan mendalami apakah dalam kasus pemerasan ini terdapat keterlibatan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).
Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad


"Kami akan mendalami lebih lanjut mengenai BNP2TKI, tidak menutup kemungkinan akan memperluas penyidikan," kata Abraham, saat melakukan inspeksi mendadak di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu dini hari, 26 Juli 2014.


Menurut Abraham, KPK tengah mengembangkan keterlibatan pihak-pihak yang terlibat dalam kasus pemerasan.


"Kami akan gali lebih jauh tentang pihak-pihak lain yang diduga bisa terlibat, karena ada mata rantai mafia TKI. Itu, tidak bisa terlepas dari BNP2TKI. Kami akan mendalami lebih lanjut BNP2TKI, tidak menutup kemungkinan akan memperluas penyidikan," ujarnya.


Abraham menambahkan, inspeksi mendadak bertujuan melihat apakah proses sistem pelayanan sudah berjalan dengan semestinya. Sebab, dia mensinyalir potensi terjadinya fraud terbuka lebar.


"Tidak menutup kemungkinan ada tindak pidana korupsi di dalamnya. Oleh karena itu, kita akan konsen," ungkap Abraham.


Kepala Badan Reserse Kriminal Komisaris Jenderal Suhardi Alius, mengatakan penangkapan terhadap 18 oknum pemeras TKI barulah titik awal dan masih akan didalami.


"Nanti, kita lihat dari unsur-unsur pidananya. Ini hanya titik awal, akan kita lacak lagi. Jaringannya juga akan kita ungkap," ujar Suhardi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya