Modus-modus Pemerasan TKI yang Terekam KPK

Pemulangan TKI Bermasalah : Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki
VIVAnews -
Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana
Komisi Pemberantasan Korupsi dibantu aparat kepolisian dan PT Angkasa Pura II melakukan inspeksi mendadak pelayanan kepulangan TKI di Bandara Soekarno-Hatta. Sidak berlangsung Jumat malam hingga Sabtu dinihari 26 Juli 2014.

Tempat Produksi Tembakau Sintetis di Kos Digerebek Polisi, Modusnya Pelaku Berindah-pindah

Dalam sidak ini terlihat para pimpinan KPK, diantaranya Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Adnan Pandu Praja serta Zulkarnain. Tampak pula Kabareskrim Komisaris Jenderal Suhardi Alius.
BKN Ingatkan ASN Tak Boleh Menolak Dipindahkan ke IKN


KPK sebetulnya sudah mengendus adanya praktik-praktik menyimpang dalam pelayanan TKI. Bahkan hasil kajian yang dilakukan telah diberikan kepada BPN2TKI sebagai bahan untuk melakukan perbaikan.


Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan intens sebelum sidak, KPK menemukan sejumlah persoalan yakni indikasi keterlibatan aparat bersama dengan oknum BNP2TKI, porter, cleaning service, dan petugas bandara dalam mengerahkan calo atau preman untuk proses pemulangan, paksaan menggunakan jasa money changer dengan nilai lebih rendah, serta pemerasan oleh calo dan preman kepada TKI dan penjemputannya.


Modus-modusnya antara lain:

- Penukaran kurs asing dalam rupiah berpotensi merugikan hingga Rp1 juta per TKI.

- Biaya pelepasan keluarga bila TKI ingin pulang mandiri hingga Rp1 juta.

_ Paksaan membayar ongkos tambahan Rp2 juta untuk TKI di tengah perjalanan. Jika tidak diancam diturunkan di tengah jalan.

- Ditemukan juga porter yang mengutip biaya Rp50 ribu/kg.


Mengacu pada data BNP2TKI, tahun 2010 kedatangan TKI tercatat 539.169 orang, tahun 2011 sebanyak 494.266 orang, tahun 2012 sebanyak 393.720 orang dan tahun 2013 sebanyak 260.093 orang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya