Gantikan Budiman, Gatot Nurmantyo Dilantik Jadi KSAD

Pangkostrad Letjen TNI Gatot Nurmantyo
Sumber :
  • Antara/ Indrianto Eko Suwarso
VIVAnews
Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
- Letnan Jenderal Gatot Nurmantyo kini resmi menjabat sebagai Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi melantik Gatot di Istana Negara Jakarta, Jumat 25 Juli 2014.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Pengangkatan Letjen Gatot berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 36/TNI 2014 yang ditandatangani SBY pada Senin 21 Juli 2014.
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang


Di hadapan SBY, para menteri dan pejabat TNI, Gatot bersumpah kepada Tuhan bahwa dia berjanji tidak akan menerima janji atau memberi suatu apa pun kepada seseorang yang berkaitan dengan jabatannya.


"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dari siapa pun yang saya tahu atau dapat mengira yang berkaitan dengan jabatan saya," kata Gatot menirukan ucapan SBY.


Dia juga berjanji akan setia pada UUD 1945 dan peraturan lain yang berlaku di Indonesia.


"Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit," katanya.


Sebelum ditunjuk sebagai KSAD, Gatot adalah Panglima Komando Cadangan Strategis TNI-AD. Gatot ditunjuk SBY menggantikan Jenderal TNI Budiman berdasarkan rekomendasi dari Panglima TNI Moeldoko.

 

Budiman baru memasuki masa pensiun pada September 2014. Namun, menurut Moeldoko, pergantian dini ini wajar dilakukan di kalangan TNI. Agar prosesnya tak tergesa-gesa.


Lazimnya, Jenderal Budiman menurut Moeldoko, sambil menunggu berakhirnya masa pengabdian di TNI akan bertugas sebagai perwira tinggi di Markas Besar TNI. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya