Jalur Selatan Rawan Kriminal

Suasana jalur pantura.
Sumber :
  • Alfin Tofler

VIVAnews - Kepolisian Daerah Jawa Tengah bakal memperketat keamanan jalur mudik Lebaran 2014 yang melalui jalur Selatan dan Tengah. Sebab, dialihkannya semua kendaraan berat dari Jakarta, melalui jalur Selatan ditengarai sangat rawan kecelakaan dan kriminalitas.

"Biasanya, pengamanan diperketat di jalur Pantura. Namun, karena rusaknya Jembatan Comal, jalur Selatan, dan Tengah menjadi perhatian," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng, Kombes Pol Purwadi Arianto di Semarang, Kamis 24 Juli 2014.

Akibat larangan kendaraan berat melalui Comal, kendaraan seperti truk berat dan bus dilihkan ke jalur Selatan yakni dari arah barat keluar Tol Pejagan-Brebes-Tegal-Bumiayu-Simpang Tiga Ajibarang-Wangon-Rawalo-Kemranjen-Sumpiuh-Gombong-Kebumen-Kutoharjo-Purworejo-Magelang Kota-Secang-Ambarawa-Bawen-Ungaran-Semarang.

Sebaliknya, jalur dari arah timur, Semarang-Ungaran-Bawen-Ambarawa-Secang-Magelang Kota-Salaman-Purworejo-Kutoarjo-Kebumen-Gombong-Sumpiuh-kemranjen-Rawalo-Wangon-Simpang Tiga Ajibarang-Purwokerto -Bumiayu-Brebes-Masuk Tol Pejagan/Cirebon.

Purwadi mengatakan, tidak seperti jalur Pantura, jalur Selatan masih sangat rawan kriminalitas. Belum lagi, anatomi jalur yang banyak jalan-jalan sepi yang berpeluang semakin meningkatnya kejahatan.

"Kami akan lebih fokuskan ke jalur tengah dan selatan untuk berbagai kemungkinan tindak kriminal," katanya.

Selain itu, keberadaan jalur tengah dan selatan masih sangat minim lokasi tempat makan dan pom bensin. Pihaknya telah mengintruksikan agar pemerintah bisa memperhatikan kondisi itu. "Intruksi Kapolda agar pom bensin ditambah," katanya.

Pengamanan polisi di jalur-jalur rawan tersebut, kata dia, dilakukan dengan penambahan personel serta peningkatan intensitas patroli petugas di lapangan. Yakni dengan diturunkannya 2/3 kekuatan Polri di lokasi-lokasi rawan.

"Bisa dengan melakukan patroli, maupun penambahan personil. Karena jarak pos satu dengan yang lain saling berjauhan. Pada pos-pos tertentu harus ada 25 hingga 30 personel," katanya.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Kendati demikian, meski polisi fokus tertuju pada jalur Tengah dan Selatan, namun untuk Pantura tetap diperhitungkan. "Pantura tetap, karena pada dasarnya Jawa Tengah ini termasuk wilayah tujuan mudik," katanya. (asp)

Bos Apple Tim Cook (Tengah).

Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang memastikan Apple telah resmi berinvestasi senilai Rp 1,6 triliun di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024