Kapolda Jabar Tinjau Jembatan Ambrol Ciamis

Jembatan Cibaruyan, Ciamis, ambrol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVAnews - Kapolda Jawa Barat, Inspektur Jenderal (Pol) Mochammad Iriawan, melakukan peninjauan di Jembatan Cibaruyan di Ciamis, Jawa Barat yang ambrol karena tergerus air sungai.

Jembatan Cibaruyan yang berada di Dusun Cianda, Desa Sukahaji, Cihaurbeuti, Ciamis, Jawa Barat, merupakan jalan nasional dan jalur utama pemudik di jalur selatan, Jawa Barat.

Sementara itu, dari pantauan, lalu lintas di jalur tersebut masih ditutup total. Bagian jembatan yang tergerus air Sungai Cibaruyan sudah mencapai 10 meter. Hampir setengah fondasi jembatan hilang karena terbawa air. Bila tidak segera ditangani, jembatan ini akan ambruk.

Menurut Kapolda, rekayasa jalan untuk arus mudik di jalur Ciamis sudah diterapkan sejak pagi hari. Lalu lintas dari utara ke selatan untuk kendaraan roda empat dari Bandung menuju Jawa Tengah melalui Garut, dialihkan ke arah Tasikmalaya, melalui Manonjaya-Cimaragas-Kota Banjar.

Sementara itu, kendaraan kecil dari Bandung melalui Malangbong dialihkan ke Ciawi-Tasikmalaya-Pageur Ageung-Panjalu-Kawali-Rajadesa-Rancah-Kota Banjar.

"Tidak ada masalah, pengalihan lalu lintas sudah dilakukan. Bila kekurangan personel akan kita kirim dari Polda," katanya.

Sementara itu, berkaitan dengan puncak arus mudik yang akan terjadi pada H-3 atau Jumat, 25 Juli 2014 besok, Kapolda juga memastikan kesiapan seluruh personelnya. Pemantauan sudah dilakukan mulai dari Bogor, Jawa Barat.

"Tadi memantau dari Bogor, arus kendaraan memang mulai meningkat, tapi besok diperkirakan lebih banyak. Kita sudah siap," katanya.

Penutupan Jembatan Cibaruyan, ikut berdampak pada kepadatan kendaraan di Jalan Raya Nagreg menuju jalur Cagak Tasikmalaya-Garut di Nagreg, Bandung, Jawa Barat.

Volume kendaraan pemudik dari arah barat menuju timur terus meningkat dan diperkirakan telah mencapai 34.339 kendaraan. Jumlahnya akan semakin meningkat pada puncak arus mudik atau H-3 dan H-2 Lebaran.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

(tvOne/Junjun Budiawan/art)

Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Jimny 5 pintu terkenal dengan ketangguhannya di medan offroad.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024