Menhub Berharap Mudik Bareng Jadi Tradisi

Menhub EE Mangindaan tinjau Bakauheni
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kristian Ali
VIVAnews
Libur Panjang, Wisatawan Bisa Hubungi Kapolres Bogor Jika Kena Pungli Preman
- Menteri Perhubungan EE Mangindaan, memastikan bahwa semua bus yang digunakan untuk mudik gratis sudah teruji dan layak pakai. Karena sebelum diberangkatkan semuanya sudah diperiksa Organisasi Angkutan Darat (Organda).

Kenaikan Cukai Picu Turunnya Produksi Rokok dan Penerimaan Negara

Pengujian itu dilakukan untuk menjamin keselamatan para pemudik hingga sampai tempat tujuan di kampung halamannya masing-masing. Selain bus, pengemudi juga sudah dicek urine dan diperiksa kesehatannya.
Garuda Indonesia Sanksi Tegas Pegawainya yang Jadi Petugas 'Nebeng' Haji ke Tanah Suci


"Semua sudah kami serahkan ke Organda, empat sehat. Sehat busnya, sehat pengemudi dan krunya, sehat penumpang dan sehat petugas," kata EE Mangindaan di Monas, Jakarta Pusat, Kamis 24 Juli 2014.


Dia menyebutkan acara mudik gratis ini merupakan acara tahunan yang digelar Kementerian Perhubungan. Kata dia, diharapkan acara mudik bareng ini menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia. Karena mudik dengan sepeda motor memiliki risiko lebih tinggi.


Kemudian bila mudik menggunakan mobil akan menambah kepadatan lalu lintas di jalur mudik. Sehingga perlu mengingatkan kepada masyarakat agar membudayakan untuk menggunakan transportasi massal dan meninggalkan kendaraan pribadinya.


"Ini sebagai salah satu edukasi juga bagi masyarakat untuk menggunakan transportasi massal," kata dia.


Mangindaan menambahkan, pada mudik gratis kali ini dipastikan ada tercatat ada sebanyak 4.937 orang. Terdiri dari 4.021 orang penumpang dewasa dan 916 penumpang anak dan balita.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya