Jembatan Ambrol, Jalur Mudik Ciamis Dialihkan ke Tasikmalaya

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Jalur utama pemudik yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah ditutup total akibat ambrolnya pondasi Jembatan Cibaruyan, Ciamis, Jawa Barat, Kamis dini hari, 24 Juli 2014.

Akibat kejadian ini, jalur mudik selatan dari Bandung menuju Ciamis, Banjar dan Cilacap mengalami hambatan. Lalu lintas pemudik terpaksa dialihkan melalui Tasikmalaya.

Menurut pantuan VIVAnews, pondasi jembatan yang ambrol berada di ujung jembatan. Dugaan awal kenapa jembatan ini bisa ambrol karena pondasi tergerus derasnya air sungai.

Kepala Dinas Perhubungan Ciamis, Aep Saefuloh, selain tergerus air Sungai Cibaruyan akibat hujan deras, intensitas kendaraan berat yang melintas turut menyebabkan pondasi jembatan labil.

"Karena kendaraan besar dan juga karena aliran air deras dari sawah, semalaman ujan dan banjir," kata Aep.

Koordinasi dengan pihak Binamarga, lanjut Aep, sudah dilakukan untuk membicarakan soal teknis guna mengatasi permasalahan ini. Aep menambahkan, hingga kini belum bisa dipastikan kapan penutupan di jalur utama akibat pondasi jembatan yang ambrol akan dilakukan.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

"Akan kita tutup sampai waktu yang belum ditentukan. Akan dilihat secara teknis. Ini terkait dengan keselamatan," kata Aep. (ren)

Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024