LSM Minta Jokowi-JK Transparan Dalam Menyusun Kabinet

Gabungan LSM mendesak Jokowi transparan soal kabinet
Sumber :
  • VIVAnews/Rohimat

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, sebagai presiden dan wakil presiden terpilih untuk periode 2014-2019.

Golkar Minta Jatah 5 Kursi Menteri, Zulhas: Kok Tanya ke Saya, Pak Airlangga Dong

Koordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras), Haris Azhar mengatakan, setelah menjadi presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-JK dianggap perlu menyeleksi orang yang akan masuk di dalam kabinet di pemerintahannya nanti.

"Kami minta kabinet diisi oleh orang-orang yang mengerti masalah tersebut," kata Haris di kantor Kontras, Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Juli 2014.

Kontras mengingatkan Jokowi-JK agar dalam kabinetnya nanti tidak dimasukan orang yang bermasalah. Menurut Haris, apabila ingin kabinet bersih jangan sampai ada pelanggar HAM, koruptor dan orang yang terlibat dalam pembalakan hutan liar masuk dalam kabinet.

"Kami menolak kabinet, watimpres, haram hukumnya diisi oleh pelanggar HAM, koruptor, penjajakan hukum," tutur dia.

Sementara itu, Direktur Nasional (Wahana Lingkungan Hidup) WALHI, Abetnego Tarigan menuturkan, pihaknya meminta kepada Jokowi-JK supaya memunculkan tokoh-tokoh yang sudah teruji, dan tentunya harus diumumkan kepada masyarakat.

"Kami mendesak harus bisa mengumumkan bayangan kabinetnya. Sehingga masyarakat punya waktu untuk menguji siapa tokoh-tokoh yang menjadi menteri di kabinet Jokowi. Jokowi juga harus bisa mengoptimalkan apa yang jadi program-program dia lewat kabinetnya nanti," ucap Abetnego.

Lembaga Swadaya Masyarakat yang mimnta Jokowi - JK terbuka dalam menyusun kabinet itu diantaranya, Institute Hijau Indonesia, KontraS, Inded, ICW, Migrant Care, Solidaritas Perempuan, Koalisi Pemerempuan Indonesia, Imprasial, Walhi, KPA, PSHK, YLBHI, LBH Jakarta.

TURC, FSGI, IGJ, Koalisi Anti Uang, Setara Institute, Yappika, Jatam, LBH Pers dan Aliansi Jurnalis Independen. (ren)

Ghosbusters

Sinopsis Film Ghostbusters: Frozen Empire yang Bakal Tayang 2024

Sony Pictures baru-baru ini merilis trailer untuk film "Ghostbusters: Frozen Empire", yang merupakan film ketiga dalam seri Ghosbusters setelah di-reboot. Ini sinopsisnya

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024