Pesta Kemenangan Para Penarik Becak

Pesta kemenangan Joko Widodo - Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodik

VIVAnews - Para penarik becak yang biasanya mangkal di depan Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, mempunyai cara yang beda untuk merayakan kemenangan Joko Widodo sebagai presiden terpilih, Rabu 23 Juli 2014. Mereka menggelar kirab becak dengan membawa poster bergambar Jokowi keliling Kota Solo.

Pantauan VIVAnews di depan Pasar Gede Solo, masing-masing para penarik becak membawa satu poster yang bergambar Jokowi dengan beraneka ragam pose dalm momen yang berbeda. Selanjutnya poster tersebut dibawa oleh para kuli angkut gendong yang ikut serta naik becak.

Arak-arakan konvoi becak itu mengambil rute dari depan Pasar Gede berkeliling melintasi kawasan Bundaran Gladag Solo yang berjarak sekitar 1,3 kilometer. Setelah ikut, rombongan becak itu kembali lagi ke Pasar Gede dengan melintasi depan Balaikota Solo serta Bank Indonesia Solo.

Aksi unik para penarik becak untuk merayakan kemenangan Jokowi menjadi capres itu cukup menarik perhatian para pengguna jalan yang sedang melintasi jalur rute tersebut. Tak pelak, iring-iringan konvoi becak itu sempat memacetkan arus lalu linta di depan kawasan pasar hingga Balaikota.

Salah satu penarik becak yang biasa mangkal di Pasar Gede, Sobirin mengatakan bahwa arak-arakan becak dengan membawa beraneka ragam poster bergambar Jokowi itu sebagai wujud rasa syukur atas kemenangan mantan Walikota Solo itu menjadi presiden. "Syukuran untuk merayakan terpilihnya Pak Jokowi sebagai presiden, ya dengan menggelar konvoi becak seperti ini," kata dia.

Dia mengatakan kemenangan Jokowi membuat para penarik becak di Pasar Gede ini senang. Sebab, saat menjadi Walikota Solo, Jokowi selalu mengunjungi kawasan Pasar Gede ini. "Ya pastinya seneng Pak Jokowi jadi Presiden, karena beliau dulu merupakan Walikota Solo yang merakyat," kata dia.

Pesta kemenangan Joko Widodo - Jusuf Kalla

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

Para penarik becak di Pasar Gede Solo merayakan kemenangan Jokowi dengan konvoi, Rabu 23 Juli 2014. (VIVAnews/Fajar Sodik)

Hal senada juga dikatakan oleh penarik becak lainnya yang bernama  Khalim. Menurut dia, arak-arakan becak seperti ini merupakan cara para penarik becak untuk merayakan kemenangan Jokowi sebagai presiden. "Setelah dinyatakan menang dan mejadi presiden, saya dan teman-teman menggelar konvoi becak untuk memeriahkan kemenangan Pak Jokowi," kata dia.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Di mata Khalim, Jokowi merupakan figur yang sangat berwibawa dan sederhana. Hal itu terlihat ketika dulu memimpin Solo sebagai walikota. "Kita sebagai orang Solo sangat senang, karena Pak Jokowi yang mantan walikota bisa menjadi presiden," tutur dia. (ren)

Ilustrasi remaja.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

hasil riset HILL ASEAN Study 2021, mengungkap bahwa Gen Z ternyata memang mengutamakan nilai-nilai kekeluargaan maupun komunitas. Mereka tumbuh jadi generasi harmonis.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024