Mengenal Sosok Letjen Gatot Nurmantyo, KSAD Baru

Panglima TNI Jenderal Moeldoko
Sumber :
  • VIVAnews/Erick Tanjung

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menunjuk Panglima Kostrad Letnan Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), menggantikan Jenderal TNI Budiman yang dalam dua bulan mendatang akan memasuki masa pensiun.

Penunjukan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 36/TNI 2014 yang ditandatanganinya pada 21 Juli 2014.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Fuad Basya membenarkan penunjukan Letjen Gatot Nurmantyo sebagai KSAD. Namun, dia belum dapat memastikan kapan Presiden akan melantik KSAD baru.

"Kita masih belum tahu kapan jadwal Presiden akan melantik. Mungkin, menunggu situasi kondusif karena sekarang masih dalam masa pemilu presiden dan dalam waktu dekat Lebaran," kata Fuad, saat dikonfrimasi di Jakarta, Selasa malam, 22 Juli 2014.

Letjen Gatot Nurmantyo sebenarnya bukan nama baru dalam bursa calon orang nomor satu di Angkatan Darat. Gatot pernah masuk daftar salah satu kandidat KSAD menggantikan Jenderal Pramono Edhi Wibowo yang masuk masa pensiun.

Ketika itu, Gatot yang masih menjabat Komandan Pendidikan dan Latihan TNI bersaing dengan sejumlah jenderal bintang tiga TNI AD, di antaranya Letjen Moeldoko (Wakil KSAD), Letjen TNI M Munir (Pangkostrad), Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen Waris, dan Sekjen Kementerian Pertahanan Letjen Budiman.

Presiden akhirnya menunjuk Letjen Moeldoko sebagai KSAD menggantikan Jenderal Pramono Edhie Wibowo.

Nama Gatot muncul kembali setelah Jenderal Moeldoko diangkat Presiden SBY menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono yang masuk masa pensiun.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Saat itu, dia bersaing dengan tiga rekannya sesama perwira tinggi AD berpangkat letnan jenderal, yaitu Letjen Budiman, Letjen M Munir dan Letjen Waris. Presiden akhirnya menunjuk Letjen Budiman sebagai KSAD menggantikan Jenderal Moeldoko.

Dua kali masuk bursa kandidat KSAD, Letjen Gatot akhirnya dipilih Presiden SBY menggantikan Jenderal Budiman yang dalam waktu dekat masuk masa pensiun. Letjen Gatot Nurmantyo bersaing dengan dua kandidat KSAD lainnya, yakni Wakil KSAD Letjen TNI Muhammad Munir dan Sekjen Wantannas Letjen TNI Waris.

Letjen Gatot Nurmantyo lahir di Tegal, Jawa Tengah 13 Maret 1960, dia merupakan lulusan Akademi Militer 1982. Di TNI AD, karir Gatot terhitung cemerlang dengan menduduki sejumlah jabatan strategis di TNI AD. Terakhir jabatan yang dia emban adalah Pangkostrad.

Gatot Nurmantyo adalah seorang perwira tinggi TNI AD yang berpengalaman di kesatuan infanteri baret hijau Kostrad. Beberapa jabatan strategis pernah disandangnya antara lain: Danrindam Jaya; Danrem 061/Suryakencana (2006-2007); Kasdivif 2/Kostrad (2007-2008); Dirlat Kodiklatad (2008-2009); Gubernur Akmil (2009-2010); Pangdam V/Brawijaya (2010-2011); Komandan Kodiklat TNI AD (2011-2013); dan Pangkostrad (2013-sekarang). (asp)

Persebaya Surabaya Vs Persib

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Duel Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 32 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 20 April 2024, pukul 15.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024