Jembatan Comal Hanya Bisa Dilalui Kendaraan Ringan

Jalur mudik alternatif Pemalang menuju Semarang
Sumber :
  • NTMC Mabes Polri

VIVAnews - Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah terus mengejar perbaikan sementar Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah. Namun, pekerjaan yang diprediksi selesai H-3 Lebaran itu hanya diperuntukkan untuk kendaraan ringan.

Kepala Dinas Bina Marga Jateng, Bambang NK mengatakan, proses pembangunan sampai pada pemasangan alat berat berupa Armco agar jembatan bisa dilalui. Perakitan Armco sendiri berada di sisi utara jembatan yang ambles. Pemasangan Armco sifatnya hanya sementara.

"Nanti kalau sudah selesai yang dibolehkan hanya kendaraan ringan dulu. Baru nanti setelah Lebaran akan dibuat secara permanen," kata Bambang NK di Semarang, Selasa 22 Juli 2014.

Ditargetkan pembangunan sementara Jembatan Comal akan selesai pada H-3 Lebaran. Karena itu, Bina Marga terus mengejar progres pekerjaan agar cepat selesai. Kerja keras itu demi melancarkan arus mudik dan balik Lebaran 2014.

"Setelah pekerjaan Armco selesai kami lanjutkan dengan pemasangan sandbag dan urugan pasir dan batu," katanya.

Jika arus mudik dan balik Lebaran 2014 sudah selesai, Bina Marga akan memperbaiki jembatan agar nantinya bisa digunakan secara permanen. "Intinya ini hanya sementara dan untuk kendaraan ringan saja," kata dia.

Pantauan VIVAnews, di Jembatan Comal sedang dipasang baja lingkar sebagai tumpuan jembatan yang ambles, meskipun hanya bersifat sementara, hal ini diharapkan bisa menjadi solusi. Kepadatan akan tetap terjadi karena volume kendaraan di prediksi akan terus bertambah.

Masalah Pasca Lebaran

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jawa Tengah, Urip Sihabudin mengatakan, jika jembatan sisi utara sudah bisa digunakan pada H-3, jembatan hanya digunakan untuk jalur mudik dari barat ke timur.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Sedangkan kendaraan dari timur yang frekuensinya tidak besar dialihkan ke jalan alternatif. Kendati demikian, ada persoalan besar pasca Lebaran, dimana truk atau kendaraan besar sudah boleh beroperasi. Sampai sekarang, belum ada alternatif selain menganjurkan truk lewat jalur selatan.

Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024