Amankan Mudik, dari Pasang CCTV Hingga Sediakan Bus

Pemudik Mulai Padati Terminal Kampung Rambutan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
- Untuk memantau kondisi arus kendaraan selama mudik Lebaran, Polres Garut, Jawa Barat, memasang beberapa kamera intai di sepanjang jalur selatan dan alternatif lain.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

CCTV itu antara lain dipasang di Limbangan, Malangbong, Lewo, dan lalur Kadungora, tepatnya di sekitar Pasar Leles.
Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi


Kasat Lantas Polres Garut, AKP Asep Muslihat menyatakan bahwa CCTV itu langsung di bawah kendali Pos Pelayanan Terpadu yang berlokasi di jalur Limbangan.


"Pos Pelayanan Terpadu ini nantinya akan mengendalikan arus kendaraan selama mudik, termasuk pengalihan arus," kata Asep, Selasa, 22 Juli 2014.


Pos Pelayanan Terpadu juga menyediakan berbagai peralatan evakuasi, seperti alat-alat berat, derek, mobil pemadam kebakaran, ambulans, serta pos pelayanan kesehatan dan fasilitas lainnya.


"Peralatan itu sangat dibutuhkan mengingat jalur Limbangan maupun Kadungora merupakan jalur rawan kecelakaan, bencana longsor maupun kebakaran," kata Asep.


Mudik gratis


Sementara itu, pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan kemudahan bagi pemudik dari Surabaya ke berbagai wilayah di Jawa Timur, khususnya yang menggunakan sepeda motor. Motor diangkut menggunakan truk, sedangkan pemiliknya naik bus tanpa dipungut biaya alias gratis.


Dinas Perhubungan Provinsi Jatim mencatat, ada sebanyak 131.055 warga Jatim, khususnya dari Surabaya yang telah mendaftar "Program Mudik Gratis" menuju ke kampung halamannya masing-masing. Sebanyak 500 unit motor milik pemudik telah didata untuk diantar terpisah menggunakan truk ke berbagai jurusan di berbagai kabupaten/kota di Jatim.


"Program ini untuk mengurangi jumlah kecelakaan pengendara motor yang selalu mendominasi saat musim Lebaran. Sebanyak 70 persen kecelakaan angkutan Lebaran selalu melibatkan pengendara motor," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu-lintas Angkutan Jalan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi, Senin 21 Juli 2014.


Pemilik motor yang mendapat tumpangan truk gratis adalah mereka yang mudik ke berbagai daerah yang relatif jauh dari Surabaya seperti Jember, Banyuwangi, Madiun, Trenggalek, Tulungagung, dan Sumenep di Madura.


"Truk pengangkut motor akan berangkat sehari sebelum bus gratis diberangkatkan, sehingga motor akan sampai lebih dulu ke rumah pemiliknya," kata Wahid. 


Pendaftaran mudik motor gratis dibuka sejak pertengahan Juni hingga kuota habis di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim. Pendaftaran penyerahan kendaraan dilakukan hingga Selasa 22 Juli, dan motor pemudik akan diberangkatkan pada Kamis 24 Juli 2014. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya