Bahas Gaza, SBY Telepon Presiden Palestina

Presiden Palestina Mahmoud Abbas
Sumber :
  • REUTERS/John Vizcaino
VIVAnews
Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik
– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menghubungi Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk membicarakan serangan Israel ke Gaza yang menyebabkan lebih dari 300 warga Palestina tewas, dengan korban terbanyak warga sipil.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya
Insya Allah sebentar lagi akan ada pertemuan penting di Doha, Qatar, yang akan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PBB dan Presiden Mahmoud Abbas,” kata SBY dalam pidatonya di Istana Negara, Jakarta, Minggu 20 Juli 2014.


SBY mengatakan kepada Abbas bahwa dia mendukung upaya penghentian kekerasan. SBY juga menyerukan agar masyarakat internasional memberikan bantuan kepada Palestina.


Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, menyatakan, upaya untuk mewujudkan kedamaian di Palestina tak akan pernah berhenti.


“Terus bergulir, tiada henti. 24 jam x 7 hari. Baik di (Markas PBB di) Jenewa, New York. Semua disesuaikan dengan pilihan Palestina. Kadang kala kita maju, Palestina bilang tahan dulu karena ada upaya-upaya lain,” kata Marty.


Reuters
melansir, Kamis lalu Israel mengirim pasukan darat ke wilayah Gaza yang didominasi Hamas setelah Angkatan Laut dan Udara Israel gagal menghentikan tembakan roket dari Palestina. Pejabat Gaza menyatakan bahwa dalam konflik yang berlangsung 12 hari terakhir itu, sedikitnya 335 warga Palestina tewas, sebagian besar warga sipil.


Militer Israel menyatakan, sejak serangan dimulai Juli ini, mereka telah menyerang lebih dari 2.300 fasilitas di daerah padat penduduk. Militer Israel juga mengatakan, sudah lebih dari 1.663 roket diluncurkan militan Palestina ke wilayah mereka.


Perampasan tanah di Gaza oleh Israel sejauh ini gagal untuk menundukkan Hamas dan sekutunya --yang telah menembakkan lebih dari 90 roket pada Sabtu kemarin. Dalam serangan-serangan roket tersebut, tiga tentara dan dua warga sipil Israel tewas. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya