TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Hakim Sebut Anggaran Hambalang Bengkak karena Andi Mallarangeng

Andi memberikan arahan kepada Sesmenpora untuk menambah speksifikasi
Hakim Sebut Anggaran Hambalang Bengkak  karena Andi Mallarangeng
Terdakwa dugaan korupsi proyek Hambalang Andi Alfian Mallarangeng menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jum'at (18/07/2014) (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng, menjalani sidang pembacaan putusan terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jumat 18 Juli 2014.

Dalam uraian putusan yang dibacakan majelis hakim, tersebut bahwa kenaikan anggaran proyek Hambalang disebabkan karena adanya perubahan konsep bangunan atas keinginan Andi Mallarangeng.

Sebagaimana diketahui, anggaran proyek Hambalang semula dianggarkan Rp125 miliar, menjadi Rp275 miliar dan membengkak hingga Rp1,2 triliun.

"Akibat dari arahan terdakwa mengenai spesifikasi dan standar internasional pada proyek P3SON, menimbulkan bertambahnya kebutuhan anggaran," kata Hakim Anggota Prim Haryadi, saat membacakan fakta hukum di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Hakim menuturkan, Andi memerintahkan Sesmenpora Wafid Muharam untuk memaparkan proyek dengan desain master plan yang baru. Hal tersebut disampaikan usai Wafid melaporkan program dan proyek di Kemenpora termasuk P3SON, pada saat Andi baru menjabat sebagai menteri.

Kemudian, untuk menindaklanjuti perintah Andi tersebut, sebuah pertemuan dilakukan di Lantai 10 Gedung Kemenpora untuk memaparkan desain, konsep bangunan, luas tanah serta gedung terkait proyek hambalang.

Pertemuan itu diikuti oleh Wafid, Deddy Kusdinar, Rio Wilarso, Lisa Lukitawati Isa, Muhammad Arifin, Asep Wibowo dan Anggraeni Dewi Kusumastuti. "Lalu terdakwa memberi masukan agar proyek Hambalang dapat digunakan untuk atlet junior dan senior berskala internasional serta ditambahan venue untuk olahraga ekstrim," tutur Hakim Prim

Dengan adanya perubahan tersebut, anggaran proyek Hambalang yang semula Rp125 miliar pun menjadi bengkak. "Hingga tahun 2010 tersedia anggaran Rp 275 miliar," jelas hakim.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP