VIDEO: Kepanikan Warga Pacitan Saat Gempa

Peta zona rawan gempa Jawa Timur
Sumber :
  • vsi.esdm.go.id
VIVAnews - Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR mengguncang kawasan Jawa Timur dan sekitarnya, Senin 14 . Gempa terasa hingga sejumlah daerah di Surabaya dan Yogyakarta. Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa yang terjadi pukul 12.05 WIB itu berada di kedalaman 10 km, sekitar 104 km ke arah tenggara dari Pacitan, Jawa Timur.
Jokowi Terima Kunjungan Gubernur Jenderal Australia David Hurley

Gempa bumi juga terasa kuat di Gunung Kidul. Kuatnya getaran gempa membuat pegawai Pemkab Gunung Kidul panik dan berhamburan ke luar ruangan.
Abis Lamar Aaliyah Massaid, Warganet Komentari Video Lawas Thariq Halilintar Kasih Cincin ke Fuji

Tonton selengkapnya di ini.
Mitsubishi Hadirkan Xpander Ultimate Baru, Bensinnya Lebih Irit

Sebelumnya BMKG melaporkan bahwa telah terjadi gempa 5,6 SR pada Senin, 14 Juli 2014 pukul 12.05 WIB di posisi 104 kilometer sebelah tenggara Pacitan atau 109 kilometer sebelah barat daya Trenggalek, Jawa Timur.

Dalam rilisnya, disebutkan, pusat gempa berada di Samudera Hindia pada kedalaman 10 kilometer dan gempa tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, Badan Geologi Amerika (USGS) mencatat gempa 5,7 SR dengan kedalaman 59,5 km. Berdasarkan peta guncangan gempa, daerah di sekitar Pacitan hanya berskala IV MMI atau ringan.

Kejadian gempa ini disebabkan aktivitas subduksi yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng Benua Eurasia dan lempeng Samudera Indo-Australia.

Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa ke beberapa BPBD. Guncangan gempa dirasakan berintensitas sedang selama 3-10 detik di Pacitan, Trenggalek, Malang, Wonogiri, Yogyakarta, dan Tulungagung.

Akibat itu, sempat terjadi kepanikan, sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah atau bangunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya