Ramadan, Pohon Kurma di Masjid Agung Bekasi Berbuah

Pohon Kurma, Tumbuh (Foto: Tuji Martudji, Surabaya)
Sumber :
VIVAnews - Bulan Ramadan membawa berkah bagi Masjid Agung Al-Barkah, di Jalan Veteran, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Tiga dari 10 pohon kurma di serambi masjid tersebut berbuah.
Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Seperti Ramadan sebelumnya, selalu ada pohon kurma yang berbuah di masjid itu. Tentu saja, masjid agung nan megah ini tambah semarak, karena keberadaan pohon khas Timur Tengah tersebut.
LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara

Pada tahun 2002 masjid ini mulai direnovasi. Dan pada 2006 di pelataran masjid ini ditanam 10 pohon kurma. Pohon didatangkan dari perkebunan kurma yang berlokasi di Malingping, Banten.
2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Setahun setelah pohon itu ditanam, pemilik kebun ikut membantu proses pemeliharaan, sambil mengajarkan teknik merawat pohon kurma kepada pengurus masjid Al-Barkah. Hasilnya, salah satu pohon sudah empat kali berbuah dan empat kali dipanen.

Pohon kurma yang berbuah berada berada persis di hadapan masjid. Pohonnya pendek sekitar tiga meter, namun buahnya banyak.

Sejak ditanam, pohon itu sudah dua kali panen. Jika berhasil sampai matang, pohon ini akan panen yang ketiga kalinya.

“Kalau yang di sisi kiri sudah sering kali panen, kalau yang di tengah sudah dua kali. Buah matang terlihat ketika warnanya dari hijau sudah berubah menjadi oranye. Itu sudah bisa dipanen,” kata Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Barkah, Abdul Hadie.

Menurut dia, pohon kurma di Masjid Al Barkah mulai berbuah tiga bulan menjelang Ramadan, sementara panennya yakni ketika bulan puasa. Sehingga hasil panennya pun dapat dinikmati masyarakat yang berbuka puasa di masjid.

Dia menambahkan sejauh ini perawatan pohon kurma ini cukup sulit. Selain perlu diberikan vitamin di akarnya, pohon kurma ini juga tidak boleh disiram air.

Keberadaan pohon kurma di Masjid Al Barkah ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat di bulan Ramadan. Sambil menunggu berbuka puasa, mereka melihat pohon kurma yang berbuah, dan mengabadikan buah kurma menggunakan kamera telepon genggam. (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya