Pesan SBY Kepada Alumni IPDN

Rakornas Pilpres 2014
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVAnews
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik 1.456 lulusan pamong praja muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Senin 16 Juni 2014.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Pelantikan lulusan XXI tahun 2014 itu digelar di lapangan parade IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Saat pelantikan, SBY memberikan pesan kepada para pamong praja muda sebelum mereka terjun melayani masyarakat sebagai aparatur negara.
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia


"Pelantikan ini menandai awal dari karya dan pengabdian panjang kalian semua sebagai aparatur pemerintah untuk berbakti kepada masyarakat, bangsa dan negara," kata SBY dalam sambutannya.


Mulai hari ini, kata SBY mereka akan mengemban tugas sebagai pamong praja muda yang harus senantiasa siap mendarmabaktikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara.


"Saya harap kalian dapat memberikan kerja dan pengabdian terbaik dalam menapaki karir di jajaran pemerintahan. Di pundak kalian tergantung harapan rakyat akan hadirnya sosok arapatur pemerintah yang jujur, amanah, profesional, dan berwibawa," ujarnya.


SBY juga mengingatkan, meski saat ini ada otonomi daerah dan setiap daerah bisa menentukan arah kebijakannya sendiri, tetapi pembangunan daerah harus diletakkan dalam kerangka pembangunan nasional secara keseluruhan.


"Kita tidak ingin daerah satu tertinggal dari daerah yang lain," jelasnya.


SBY juga berpesan, agar nantinya mereka menjadi pemimpin, maka kebijakan yang harus ditempuh harus mempertimbangkan asas manfaat bagi rakyat.


Mereka juga diminta menjadi pamong praja yang arif, bijaksana, dan bersedia mendengarkan dan berdialog.


"Ketika ada kebijakan yang kompleks, maka lakukanlah sosialisasi terlebih dahulu agar masyarakat bisa mengerti alasan kebijakan itu," kata dia.


Menurut SBY, negara akan menjadi baik jika aparatur pemerintah juga baik. Oleh karena itu, dia berharap pamong praja yang dia wisuda hari ini bisa menjadi abdi negara dan abdi rakyat yang berintegritas tinggi, berkapabilitas baik serta mengabdi untuk memajukan dan mensejahterakan kehidupan rakyat.


"Bekerjalah dan belajar sepanjang karir, hadapi tantangan dan cobaan dengan tegar, sabar tetapi harus berikhtiar," ujar SBY.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya