Ribuan Peziarah Banjiri Makam Soeharto

Astana Giribangun
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodik
VIVAnews
Sah Jadi WNI, Maarten Paes Ngaku Sudah Bisa Bahasa Indonesia dan Hafal Pancasila
- Bertepatan dengan peringatan hari kelahiran mantan Presiden Soeharto yang jatuh pada 8 Juni, ribuan peziarah berdatangan ke makam mantan penguasa Orde Baru itu di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar.

Tak Hanya Kader PKB, Cak Imin Juga Titip ke Prabowo 8 Agenda Perubahan

Pantauan VIVAnews, sejumlah bus besar maupun mobil pribadi terlihat memadati area parkir makam yang terletak sekitar 1 kilometer dari kompleks Makam Astana Giri Bangun. Pelat nomor mobil maupun bus yang mengangkut para peziarah itu sebagian besar didominasi oleh kendaraan dari luar kota, seperti Jawa Timur.

Juru Kunci Makam Astana Giribangun, Sukirno, mengatakan pada peringatan hari kelahiran Soeharto yang jatuh hari ini berdampak terhadap lonjakan jumlah peziarah. Hingga sore tadi jumlah peziarah yang masuk ke kompleks makam Astana Giribangun mencapai sekitar 2.500 orang.

"Kalau dibandingkan hari biasa terdapat kenaikan yang cukup banyak karena biasanya hanya sekitar 500 orang per hari," kata dia, Minggu malam, 8 Juni 2014.

Sebagian besar pengunjung berasal dari Jawa Timur. Mereka datang secara rombongan dengan menggunakan bus. "Hingga malam hari ini saja masih ada yang melakukan ziarah di Makam Pak Harto," ujar dia.

Selain masyarakat umum, disebutkan dia, pada sore hari tadi juga tampak salah satu Pangdam beserta rombongan datang berziarah ke makam Soeharto. "Tadi ada pangdam yang datang, kalau nggak salah pangdam dari Sumatera apa ya," katanya.

Salah satu peziarah dari Nganjuk, Jawa Timur, Suryani mengakui bahwa kedatangannya ke makam Soeharto untuk melakukan ziarah yang hari ini bertepatan dengan peringatan ulang tahun bapak pembangunan tersebut. "Karena tanggal 8 Juni sebagai hari kelahiran Pak Harto, maka kami memutuskan untuk berziarah ke makam beliau," katanya.

Suryani datang ke makam tersebut tidak sendirian, namun bersama dengan rombongannya yang datang langsung dari Nganjuk. "Saya datang dengan rombongan satu  bus. Jumlahnya yang ikut sekitar 60 orang," ujarnya.

Pada peringatan hari kelahiran Soeharto hari ini,  sejumlah tokoh juga tampak  hadir bersama dengan rombongan capres Prabowo Subianto di makam Pak Harto, di ataranya Aburizal Bakrie dan Akbar Tandjung. Selain itu perwakilan dari keluarga Cendana juga ada yang hadir, yakni Tutut dan Titiek Soeharto.

Ilustrasi perawatan wajah.

Cetuskan Cell Chanel Booster, Klinik Kecantikan Ini Usung Misi Glowingkan Warga Bogor

Klinik kecantikan ini pun berkomitmen memberikan layanan perawatan kulit dan terus memperluas jejaknya membawa solusi perawatan kulit premium lebih dekat pada masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024