TNI Akan Bangun Pangkalan Militer di Tanjung Datuk

Panglima TNI Jenderal Moeldoko
Sumber :
  • Puspen TNI
VIVAnews - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan membangun pangkalan militer di kawasan Tanjung Datuk, Kecamatan Paloh, perbatasan Kalimantan Barat. Pangkalan militer itu guna memperkuat pertahanan negara di wilayah perbatasan seiring rencana Malaysia membangun menara suar.
Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Minggu 25 Mei 2014, menuturkan kawasan Tanjung Datuk itu kerap menjadi permasalahan antara RI dan negara tetangga. Oleh karena itu, TNI akan menambah kekuatan untuk menjaga wilayah tersebut.
Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

"Tanjung Datuk itu dari waktu ke waktu ribut terus, maka sekarang kita evaluasi. TNI juga akan membangun sejumlah kekuatan, yakni pangkalan TNI Angkatan Udara, satuan infanteri Angkatan Darat. Akan kita bangun di kawasan ini," kata Moeldoko di Jakarta.
Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Moeldoko menyampaikan, pada Rabu 28 Mei, TNI akan mengundang Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, serta bupati dan seluruh unsur TNI yang berada di kawasan itu untuk merumuskan secara detail pembangunan pangkalan militer tersebut. Rencananya pembangunan itu dilakukan secara bertahap.

"Kekuatan pertahanan di sana harus diperkuat, nanti kita rumuskan secara konkret," ujarnya.

Terkait menara suar yang dibangun negara tetangga di kawasan perairan Indonesia itu, besok, Senin 26 Mei 2014, pemerintah yang diwakili Panglima TNI, Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri akan bertemu secara formal dengan Pemerintah Malaysia di Jakarta. Pertemuan itu membahas pembangunan menara suar.

"Pertemuan besok yang dibahas kesepakatan baru. Penjanjiannya (batas wilayah RI dan Malaysia) sudah ada, sekarang hanya masalah komitmen," kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat tersebut. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya