Nelayan Aceh Panen Ikan Tongkol

Pedagang ikan tongkol
Sumber :
  • VIVAnews/Zulfikar Husein
VIVAnews
Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia
- Selama satu pekan terakhir, hasil tangkapan ikan nelayan Aceh mengalami peningkatan. Khususnya tangkapan ikan tongkol yang mencapai 10 ton satu unit kapal jenis pukat harimau.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

"Memang sekarang lagi banyak. Satu kapal bisa bawa 10 ton ikan tongkol," ujar Andi, salah seorang pedagang ikan di pasar ikan Lhokseumawe, Aceh, Minggu, 25 Mei 2014, kepada
Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini
VIVAnews.

Menurut dia, panen ikan tongkol tidak selalu terjadi. Kata dia, dalam sehari saja, tangkapan nelayan bisa kembali berubah, namun ia mengatakan sudah sejak seminggu ini tangkapan ikan terus meningkat.


Hasil tangkapan ini menurut para nelayan di Lhokseumawe dipicu oleh keadaan cuaca. "Terkadang cuaca berpihak kepada kita,' ujar Musliadi, salah seorang nelayan.


Para nelayan juga khawatir cuaca saat ini memasuki cuaca ekstrim. Mereka khawatir tidak bisa melaut sehingga tangkapan akan kurang dan membuat penghasilan mereka menurun. Padahal melaut adalah satu-satunya mata pencaharian mereka.


Pengamatan VIVAnews, sejak kemarin hingga pagi hari ini, sejumlah pedagang ikan menjajakan ikan tongkol di sejumlah pasar yang terdapat di Lhokseumawe. Ikan-ikan tongkol tersebut dijual dengan harga Rp. 10 ribu perkilonya. Satu kilo bisa mencapai 6 hingga 7 ikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya