Merasa Dijebak Anak Syarief Hasan, Terdakwa Videotron Minta Keadilan

Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Terdakwa kasus korupsi pengadaan videotron di Kementerian Koperasi dan UKM Hendra Saputra merasa telah dizalimi dan dipaksa oleh atasanya, Riefan Avrian yang merupakan pemilik PT Imaje Media. Hendra mengaku selalu dipaksa untuk menuruti permintaan Rivan, termasuk ketika KTP-nya dipinjam Riefan.

"Saya tidak tahu kalau dia mau bikin perusahaan, tidak pernah baca. Selalu dipaksa. Ya saya namanya karyawan kan takut kehilangan pekerjaan," kata Hendra saat usai menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 30 April 2014.

Sementara itu saat disinggung soal uang Rp19 juta yang pernah diberikan Riefan, Hendra menyatakan bahwa uang itu merupakan bonus dan bukan uang sogokan, sebab semua karyawan juga mendapatkannya.

"Bahkan ada yang Rp200 juta ada yang Rp250 juta. Yang dapat Rp200 juta itu Ibu Sarah, orang deket Pak Rivan, orang keuangan Pak Riefan," ujarnya.

Hendra menambahkan bahwa dia hanya tamatan kelas tiga sekolah dasar. Ia hanya berharap mendapat keadilan agar pelaku korupsi yang sesungguhnya bisa terungkap. "Saya ini sudah dizalimi, masak sih kelas 3 SD jadi direktur. Kalau jadi direktur saya ambil dong duitnya semua. Anak istri saya sampai terlantar," ucap Hendra.

Saat ditanya keberadaan Riefan, Hendra mengungkapkan, yang bersangkutan tinggal di apartemen Senayan.

Riefan diketahui merupakan anak dari Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan sekaligus pemilik PT Imaje Media yang menjadi pemenang dalam proyek pengadaan videotron tahun 2012. Sebelumnya Kemenkop UKM mengadakan lelang pengadaan dua unit videotron dengan total nilai anggaran sebesar Rp23.410.000.000.

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka

yang dibacakan Jaksa, 17 April lalu. "Terdakwa Hendra Saputra bersama-sama dengan Hasnawi Bachtiar (almarhum), dan Riefan Avrian telah memperkaya diri, yaitu Hendra dan orang lain yaitu Riefan, dalam pengadaan Videotron pada Kementerian Koperasi dan UKM," ujar Jaksa Elly Supaini saat membacakan surat dakwaan. (ita)

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman

Atasi El Nino, Menteri Pertanian: Pemerintah Siapkan Pompanisasi dengan Biaya Rp5,8 Triliun

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan pemerintah menyiapkan pompanisasi untuk mengatasi dampak El Nino. Menurut dia, langkah ini sudah disepakati saat rapat terbat

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024