Buntut Sidak Ganjar, 281 Petugas Jembatan Timbang Dievaluasi

Ganjar Pranowo Mengamuk
Sumber :
  • tvOne
VIVAnews - Setelah tertangkap basah oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melakukan pungli, Selasa 29 April 2014, jembatan timbang Subah, Batang, ditutup sementara. Penutupan ini dilakukan untuk keperluan evaluasi dan pembinaan petugas.
2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah, Urip Sihabudin, seluruh petugas yang bertugas di jembatan timbang Subah sedang dipanggil guna dievaluasi.
Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

"Petugas dipanggil di kantor, evaluasi dan di-briefing," kata Urip saat dihubungi melalui telepon, Selasa 29 April 2014.
Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Ditambahkan oleh Urip, penutupan itu sifatnya sementara dan hanya beberapa jam saja. Setelah evaluasi dan pembinaan selesai dilakukan, jembatan timbang itu akan beroperasi seperti biasa.

Selain petugas di jembatan timbang Subah, Batang, ada 281 petugas jembatan timbang lainnya yang harus menjalani evaluasi di kantor Dishubkominfo Jateng.

Menurut Urip Sihabudin, 281 petugas itu berasal dari 16 jembatan timbang yang berada di wilayah Jateng. "Yang tidak layak akan kami tempatkan di kantor," kata Urip.

Proses evaluasi itu dijadwalkan selesai 2 hari. Berapapun petugas yang dinilai layak, itu yang akan ditempatkan.

"Jika dari 281 petugas ternyata hanya 200 yang mendapat nilai evaluasi yang layak, maka hanya 200 petugas saja yang dikembalikan ke jembatan timbang. Nanti dari hasil evaluasi akan ditentukan mana petugas yang siap dikembalikan ke posisinya," kata Urip.

Ganjar mengamuk ketika menemukan praktik pungli, Minggu 27 April 2014 malam. Ia melihat seorang kernet truk yang kelebihan muatan meletakkan uang di meja petugas jembatan timbang Subah tanpa meminta kuitansi. Selain itu, saat membuka laci, ditemukan amplop berisi uang.

Ganjar juga sudah mendatangi kantor Dishubkominfo Jateng dan menemui Urip. Ganjar meminta agar dilakukan evaluasi dan segera hilangkan praktik pungli karena menjadi faktor penyebab jalur pantura rusak parah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya