Gunung Merapi Kembali Semburkan Abu Vulkanik

Desa Kinahrejo terletak di desa yang berada di kaki Gunung Merapi
Sumber :
VIVAnews
Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi
- Puncak Gunung Merapi kembali mengeluarkan hembusan yang disertai suara gemuruh. Akibatnya, sejumlah daerah di sisi barat gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DIY itu mengalami hujan pasir dan abu vulkanik.

Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.

Petugas Pos Pengawasan Gunung Merapi di Jrakah, Boyolali, Alzwar mengatakan suara gemuruh yang muncul di puncak Gunung Merapi terjadi sekitar pukul 04.25 WIB. Setelah terdengar suara gemuruh, kemudian terlihat pijaran api ke arah barat.
Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online


"Dari Pos Jarak terlihat pijaran api ke arah hulu Sungai Senowo. Sedangkan estimasi kepulan asap tidak bisa terlihat karena tertutup kabut," kata dia saat dihubungi melalui telepon, Mingggu, 20 April 2014.


Dampak hembusan yang disertai luncuran pijar itu, dikatakan dia menyebabkan daerah di sekitar barat Merapi wilayah Kabupaten Magelang terjadi hujan pasir dan hujan abu.


"Kalau yang terjadi hujan pasir itu terjadi di beberpa  desa yang terletak di Kecamatan Dukun bagian atas seperti Keningar. Hujan pasir juga terjadi di daerah Kecamatan Srumbung," katanya.


Tak hanya di Kecamatan Dukun dan Srumbung, ternyata hujan pasir itu terasaa hingga Kecamatan Muntilan. Menurut salah seorang warga Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Muhamad Fatkhan bahwa hujan pasir terasa sekitar pukul 05.30 WIB.


"Sejak pagi tadi hujan abu dari Merapi cukup terasa hingga sekitar pukul 07.00 WIB," katanya. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya