Sel Dirazia Petugas, Nazaruddin dan Gayus Tambunan Terkejut

Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
-  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dibantu aparat Kepolisian dan TNI, pagi tadi sekitar pukul 05.30 WIB, Sabtu 19 April 2014, menggelar razia di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Tindak Pidana Korupsi Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Razia dilakukan selepas subuh itu membuat sejumlah tahanan terkejut, karena sebagian dari mereka masih terlelap tidur. Diantara tahanan yang syok saat dirazia petugas adalah terpidana kasus korupsi pembangunan Wisma Atlet Sea Games di Palembang, Muhammad Nazaruddin, terpidana kasus korupsi pajak Gayus Tambunan dan terdakwa kasus korupsi dana bansos Kota Bandung Dada Rosada.
Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024


Saat digeledah di selnya, Nazaruddin baru bangun tidur. Dia mengaku tengah sakit dan dirawat di sel medical Lapas Sukamiskin. Setelah kamar selnya disisir petugas hasilnya nihil. Petugas tidak menemukan barang terlarang di sel mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu. Begitu juga di sel milik Gayus Tambunan, Dada Rosada dan Syamsul Arifin, petugas tidak menemukan benda terlarang.


Sementara itu petugas juga merazia 323 sel tahanan kasus korupsi lainnya dan sel napi umum. Petugas berhasil menyita dua
smartphone
Android dan sejumlah senjata tajam.


Razia ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka menegakkan aturan di dalam Lapas Kemenkumham. Bagi narapidana yang kedapatan melanggar dengan membawa alat komunikasi dan senjata tajam akan dikenakan sanski berat.


"Bisa tidak mendapatkan remisi hingga pembatalan remisi," kata Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Ibnu Chaldun.


Lapas Sukamiskin ini terdapat 572 sel tahanan dengan jumlah penghuni lapas sebanyak 401 tahanan. 323 orang di antaranya adalah tahanan kasus korupsi. (umi)


Laporan: Jhon Hendra/tvOne Bandung
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya