Menteri Nuh Tinjau Pelaksanaan UN SMA di Meruya

Mendikbud M Nuh
Sumber :
  • VIVAnews/Rohimat Nurbaya
VIVAnews - Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SMA, SMK, dan MA, diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 14 hingga 16 April 2014. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Mohammad Nuh, hari ini, Senin, 14 April 2014 melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pelaksanaan UN ini ke sejumlah sekolah di DKI Jakarta.
Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Ia berangkat dari rumahnya di kawasan Perumahan Widya Chandra, Jakarta Selatan, pada pukul 05.00 WIB. Tujuan pertamanya adalah SMAN 112, di kawasan Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.
OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Tempat itu merupakan kantor rayon 08 DKI Jakarta, tempat pusat distribusi naskah soal UN untuk 35 SMA Negeri dan Swasta dari kawasan Jakarta Barat. 
Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Tiba di SMAN 112 Mohammad Nuh langsung menyatakan bahwa sidaknya ini betul-betul tanpa pemberitahuan sebelumnya ke pihak rayon. 

"Ini sidak, tempat ini juga belum tahu kalau saya ke sini. Lokasi ini baru ditentukan sesaat sebelum pergi tadi. Oleh karena itu saya tidak ingin kalau sidak itu semuanya disiapkan, rapi, dan seterusnya, tapi saya ingin apa adanya," ucapnya.

Di tempat yang sama ia juga memberikan instruksinya kepada para petugas sekolah yang mengambil naskah. Ia berpesan agar setiap naskah soal diperlihatkan terlebih dahulu segelnya sebelum dibagikan kepada siswa. 

"Ini semua sampul soalnya mesti dicek satu per satu, termasuk segelannya. Tunjukkan kepada murid, ini bentuk aslinya. Ini supaya tidak ada kebobolan," ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama Mohammad Nuh juga menjelaskan tentang teknis distribusi soal tahun ini. Distribusi soal itu mulai dari percetakan, di percetakan sudah ada 3 kelompok, yaitu dinas pendidikan, perguruan tinggi, dan kepolisian. 

Dari percetakan lari ke provinsi, ke kabupaten atau kota, baru ke rayon. 

"Dari rayon ini, baru sekolah yang akan melaksanakan UN mengambil naskah soal pada hari H-nya sekarang untuk dibagikan pukul 8 nanti," ujar Nuh.

Kepada para siswa, Muhammad Nuh tidak lupa memberikan semangatnya. Selesai memeriksa kegiatan pendistribusian soal, ia segera menuju ke masjid sekolah di mana para siswa terpantau sedang belajar. Dengan hangat Muhammad Nuh menyalami dan menyapa para siswa tersebut. 

"Wah ini ada bocoran soal ini," ucap Nuh bergurau sambil menunjuk kepada lembar naskah latihan soal yang sedang dikerjakan oleh salah satu siswa. 

Ia juga menanyakan hendak ke perguruan tinggi mana para siswa tersebut melanjutkan studinya kemudian mendoakan agar seluruh siswa bisa lulus UN dengan baik.

Di rayon 08 ini, distribusi soal ke 35 sekolah berjalan dengan lancar. Cedarkuine, koordinator rayon 08 menyatakan bahwa hingga pukul 06.30 semua naskah soal sudah diambil oleh penanggungjawab UN di sekolah masing-masing. 

"Sudah tidak ada yang mengambil lagi, tidak ada yang tersisa. Semua soal sudah siap dibagikan untuk jam 8 nanti," ucapnya.

Selesai memeriksa kesiapan pendistribusian naskah soal UN di kantor rayon 8 SMAN 112 Jakarta, Mohammad Nuh akan melanjutkan sidaknya ke sebuah Sekolah Luar Biasa (SLB) yang juga terletak di kawasan Jakarta Barat. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya