BMKG: Gempa 7,5 SR di Kepulauan Solomom Tak Berpotensi Tsunami di RI

Sejarah dan sumber Tsunami di Indonesia sejak 1600
Sumber :
VIVAnews
Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024
- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi berkekuatan 7,5 Skala Richter yang terjadi di Kepulauan Solomon Minggu, 13 April 2014 pukul 19.36 WIB memang tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa yang berpusat di 11,43 Lintang Selatan dan 162,17 Bujur Timur dengan kedalaman 58  kilometer tersebut kemungkinan berdampak menimbulkan tsunami lokal di sekitar pusat gempa yaitu Solomon, Vanuatu dan Papua New Guinea.
Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab


Masyarakat dihimbau tenang dan tidak perlu panik.


"BMKG dan BNPB akan selalu menyampaikan informasi terkait gempa bumi dan tsunami secara resmi. Gempa bumi tidak bisa diprediksi. BMKG mampu menyampaikan info gempa dan prediksi tsunami 5 menit setelah kejadian gempa bumi," ucap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Minggu 13 April 2014.


Menurut Sutopo, Pengembangan Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) masih terus dilakukan pemerintah Indonesia. Begitu juga halnya dengan pelaksanaan masterplan pengurangan risiko bencana tsunami masih dilakukan.


Pembangunan mitigasi struktural relatif lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan kultural yang diharapkan masyarakat makin siap menghadapi bencana.


"Pengetahuan masyarakat tentang kebencanaan meningkat, namun belum menjadi perilaku dan budaya dalam mengantisipasi bencana," jelasnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya