Cegah Kebocoran dan Pencurian, Soal UN Dijaga Ketat Polisi

Ilustrasi/Peserta SBMPTN
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024
- Dinas Pendidikan Kota Salatiga menyimpan ribuan soal ujian ke dalam loker terkunci dengan pengamanan ketat personel Polres Salatiga. Hal itu untuk mengatasi kebocoran dan pencurian soal ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK sederajat.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Adapun, UN tingkat SMA/SMK sederajat di Kota Salatiga akan diikuti 4.695 siswa. Tedjo Supriyanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga, mengatakan penyortiran soal ujian tingkat SMA dan SMK di Kota Salatiga terus dilakukan oleh petugas Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Jawa Tengah.
Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab


"Penyortiran ini perlu dilakukan secara teliti agar tidak ada soal ujian yang tertukar antar sekolah, baik tingkat SMA dan SMK," ujarnya, Minggu 13 April 2014.


Menurutnya, usai disortir sesuai sekolah, soal ujian ini kemudian disimpan dalam loker terkunci di dalam gudang Dinas Pendidikan Kota Salatiga.


Dia menjelaskan, penyortiran atau pengelompokan sesuai dengan mata pelajaran dan sekolah ini dilakukan sejak awal oleh petugas Dinas Pendidikan agar mempercepat pendistribusian ke setiap sekolah pada Senin pagi saat berlangsungnya UN.


"Dinas Pendidikan Kota Salatiga melakukan penjagaan soal ujian selama 24 jam penuh yang dibantu oleh polisi dari Polres Semarang," imbuhnya.


Dia menambahkan, untuk pelaksanaan UN di tingkat SMA/SMK sederajat di Kota Salatiga telah disiapkan ratusan pengawas yang akan mengawasi ketat 4.695 peserta ujian yang terbagi dalam 37 sekolah.


Laporan: Aditya Bayu/tvOne
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya