Cari Kotak Hitam MAS, Presiden SBY Gelar Rapat Terbatas

SBY di depan kantor Presiden
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, akan menggelar rapat terbatas untuk membahas pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) dengan beberapa menteri, hari ini, Rabu 19 Maret 2014 di kantor Presiden.

Rapat terbatas dilakukan karena Malaysia telah meminta Indonesia lebih intensif mencari kotak hitam pesawat MAS yang diduga berada di Samudra Hindia.

"Kemarin, Menteri Pertahanan Malaysia menelpon saya, dia meminta agar Indonesia secara khusus lebih intens mencari black box MAS karena diduga berada di Samudra Hindia," kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro di JCC, Jakarta.

Sebab, kata dia, sejak 11 hari lalu pesawat MAS hilang dan masa aktif kotak hitam itu hanya tinggal 20 hari lagi.

PSSI: Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea Disiarkan di TV Nasional

"Ini masalah sangat krusial. Ini akan dibahas di rapat terbatas jam 15.00 nanti," ujar dia.

Indonesia sendiri, kata Purnomo, berjanji akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari black box MAS itu. Namun, yang perlu dipahami adalah Samudra Hindia itu sangat luas.

"Kami akan melakukan yang terbaik, tetapi pahamilah keterbatasan kami," katanya.

Tetapi sejauh ini, radar primer milik Indonesia tidak menditeksi MAS. Padahal, radar primer ini sangat sensitif dibanding radar lainnya.

"Kalau seandainya pesawat ini terbang di wilayah utara Malaysia, atau selatan Thailand itu ada di luar radar Indonesia. Jadi radar Indonesia tidak bisa mendeteksi. Sehingga jelas, clear bahwa dia tidak masuk dalam radar kita dan jelas bahwa pesawat itu jauh dari langit Indonesia," kata Purnomo lagi. (eh)

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan (Doc: IG)

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan di Tol MBZ, Ini Kata Polda Metro

Mobil berpelat dinas Polri milik Polda Jawa Barat terlibat kecelakaan di tol layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ), pada Senin, 6 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024