Busyro: Artidjo Alkostar Contoh Hakim Agung Tegas

Mantan Ketua Muda Pidana MA, Artidjo Alkostar
Sumber :
  • mahkamahagung.go.id

VIVAnews – Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menyatakan bangsa Indonesia butuh sosok penegak hukum yang cerdas, tegas, dan tak pandang bulu. Sosok itu menurutnya ada di dalam diri Hakim Agung Artidjo Alkostar.

“Keputusan Hakim Agung Artidjo Alkostar tegas, tidak tandus, dan penuh intelektualitas,” kata Busyro dalam diskusi publik "Harapan Penegakan Hukum, Fenomena Putusan Artidjo Alkostar" di Jakarta, 5 Maret 2014. Menurutnya, setiap keputusan yang ditelurkan hakim seharusnya diambil dengan berani dan tidak gersang, terutama dalam melawan koruptor.

Di mata Busyro, Artidjo merupakan ideolog hukum. “Artidjo adalah obor keadilan hukum profetik. Kalau wafat, ide-idenya pasti ada yang meneruskan. Perspektif hukum Pak Artidjo menempatkan nilai-nilai kemanusiaan transendental di atas pasal-pasal KUHP,” kata Busyro yang seperti Artidjo sama-sama alumni Universitas Islam Indonesia itu.

Artidjo dinilai sangat promasyarakat kecil yang membutuhkan keadilan. Ia juga amat tegas terhadap korupsi. Ketika sejumlah koruptor berupaya mendapatkan keringanan hukuman dengan mengajukan banding ke Mahkamah Agung misalnya, Artidjo justu memperberat hukuman mereka.

Sikap Artidjo yang tak pandang bulu bahkan pernah membuatnya melaporkan Busyro ke Polda Metro Jaya . “Bayangkan, padahal kami bersahabat, tapi saya tetap dilaporkan,” kata Busyro.

Peristiwa ini terjadi sekitar tahun 2006 ketika Busyro masih menjabat Ketua Komisi Yudisial. Waktu itu media massa memberitakan 13 nama hakim yang dilaporkan ke Komisi Yudisial. “Nama-nama itu bocor tidak sengaja,” ujar Busyro.

Karena merasa bersalah dengan kebocoran itu, Busyro mencoba menghubungi Artidjo untuk meminta maaf. Namun Artidjo justru memberinya sebuah surat salinan pelaporan ke Polda Metro Jaya. Busyro dilaporkan dengan tuduhan melakukan pencemaran nama baik.

“Itu artinya Artidjo tidak pandang bulu. Untunglah sekarang selesai, kesalahpahaman itu bisa diselesaikan dengan baik,” kata Busyro.

Sosok Artidjo ini dianggap Busyro harus menjadi panutan bagi seluruh penegak hukum di Indonesia, karena di tangan merekalah upaya pemberantasan korupsi akan bergerak cepat.

Baca juga:

Jadi Tempat Esek-esek, Warung Remang-remang Digeruduk Ratusan Warga
Bobotoh Persib Bandung

Komentar Bojan Hodak Usai Bawa Persib Bandung ke Final Liga 1

Persib Bandung sukses menaklukkan Bali United dalam leg kedua semifinal championship series Liga 1. Bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024