Riau Tanggap Darurat Kabut Asap

Riau diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro
VIVAnews - Pemerintah Provinsi Riau telah menerbitkan Surat Tanggap Darurat Penanganan Bencana Kabut Asap mulai 25 Februari sampai 12 Maret 2014 dan menunjuk Danrem 031/WB Brigjen Agus Irianto sebagai komandan tanggap darurat. Dampak pembakaran lahan dan hutan di Riau telah menyebabkan bencana asap beberapa minggu terakhir. Jarak pandang kurang dari 1 kilometer. 
Militer Israel Bersiap Gempur Rafah, Minta Warga Palestina Segera Mengungsi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah mengirim tim yang dipimpin oleh Sekretaris Utama BNPB, Fatchul Hadi, ke Pekanbaru untuk melakukan koordinasi dengan pejabat terkait, kemarin.
Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

"Posko Utama Penanganan Bencana Kabut Asap akan berada di Kantor BPBD Provinsi Riau. Jika nanti diperlukan dukungan operasi udara maka akan dibuka posko operasi udara di Lanud Pekanbaru," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan rilisnya, Kamis 27 Februari 2014.
28.861 Tersangka Narkoba Ditangkap Selama 8 Bulan, Ada Pelaku Kasus Laboratorium Ekstasi

Sutopo mengatakan, Pemprov Riau mengalokasikan dana sebesar Rp10 miliar untuk penanganan bencana. Sementara, kekurangannya didukung oleh BNPB. 
 
Selain itu, ia menambahkan, Pemprov Riau juga sudah mengumpulkan Perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Riau dan sepakat untuk melakukan pemadaman sesuai dengan kemampuan.

"Berdasar hasil survei HTI dengan helikopter bersama perusahaan HTI, diketahui bahwa kebakaran sudah parah sehingga perlu dipadamkan dari udara dengan pesawat kapasitas besar, gubernur minta bantuan BNPB untuk mendukung hal tersebut," jelasnya.

Pembakar hutan ditangkap

Polda Riau saat ini sudah melakukan sosialisasi dan penangkapan terhadap tersangka pembakar, sampai saat ini sudah ada 26 tersangka yang ditangkap. Data hotspot yang dipakai adalah data hotspot NOAA18 dari Kementerian Kehutanan. 

"Kemenhut akan memobilisasi manggala agni, polhut dan peralatannya untuk mendukung pemadaman. KLH akan merilis data ISPU harian dan masih memproses hukum terhadap 7 PT yang ditetapkan tersangka pada tahun 2013," kata Sutopo. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya