Penyadapan, Indosat dan Telkomsel dalam Pengawasan BIN

Gedung Telkomsel
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Edy, Ijeck dan Bobby Nasution Berebut Tiket Diusung Demokrat di Pilgub Sumatera Utara
Badan Intelijen Negara sedang mendalami kasus penyadapan komunikasi lewat telepon seluler oleh NSA dan Direktorat Intelijen Australia. Operator Indosat dan Telkomsel sedang dalam pengamatan BIN.

Ijeck Resmi Mendaftar Bakal Calon Gubernur Sumut 2024 ke Demokrat

"Ada dua operator yang sedang dalam pengamatan kami. Kami terus melakukan pendalaman dengan seluruh komunitas intelijen lainnya, dan saya mengharapkan hasilnya adalah yang terbaik," ujar Kepala BIN Marciano Norman, di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 24 Februari 2014.
Ini Pentingnya Suplemen Protein dalam Pembentukan Otot dan Kesehatan Tubuh


Meski belum mendapat hasil dari investigasi itu, BIN mengharapkan agar Indosat dan Telkomsel berpihak pada kepentingan Indonesia. "KamiĀ  belum mendapatkan hasilnya, belum bisa diumumkan. Tentu kami mengharapkan keberpihakan Indosat dan Telkomsel itu terhadap NKRI menjadi prioritas," tegas dia.


Marciano lalu menuturkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar Indonesia tidak mudah disadap oleh negara lain.
Pertama
, menata kembali masalah sistem komunikasi dan ketahanan di Indonesia dengan peralatan yang dimiliki.


"Kita harus selalu menggunakan alat teknologi yang tidak tertinggal zamannya. Menjaga langkah-langkah pengamanan terhadap informasi-informasi yang berharga," kata dia.


Kedua,
meningkatkan koordinasi dengan seluruh komunitas intelijen agar Indonesia tidak mudah disadap oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.


Ketiga
, mengurangi ketergantungan sistem komunikasi pada pihak luar. "Sekarang ini begitu besar saham-saham asing di dalam operator-operator telekomunikasi kita. Ke depan kepemilikan Indonesia dalam bidang telekomunikasi menjadi hal yang penting. Karena kalau tidak kita akan selalu menghadapi hal ini berulang-ulang," ungkap dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya