Dikritik, Wali Kota Bengkulu Tetap Lanjutkan Salat Jamaah Berhadiah

Tahanan dan narapidana LP Cipinang Salat Idul Adha
Sumber :
  • VIVAnews/ Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Meski menuai kritik dari ulama, Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan, tetap akan melanjutkan program "Bengkuluku Religius". Program ini merupakan kegiatan ibadah salat wajib Zuhur berjamaah yang berhadiah mobil mewah.

Bahkan, program ini mendapat dukungan dari sejumlah pengusaha di Bengkulu. Mereka memberikan sumbangan berupa empat unit mobil mewah untuk para peserta program "Bengkuluku Religius".

Dari empat mobil yang akan disumbangkan, dua di antaranya sudah diserahkan langsung ke wali kota Bengkulu. Dua mobil itu sudah terparkir di depan kantor wali kota di kawasan Simpang Lima, Ratu Samban, Kota Bengkulu.

Mobil-mobil itu merupakan hadiah untuk warga Kota Bengkulu yang menjadi pemenang dalam program salat Zuhur berjamaah, yang sudah dimulai pekan lalu.

Untuk mendapatkan mobil ini tidak mudah. Warga Kota Bengkulu harus melewati sejumlah persyaratan. Salah satunya, harus mengikuti salat Zuhur berjamaah di masjid yang telah ditunjuk panitia setiap Rabu.

Selain mobil, hadiah menarik lainnya adalah umrah dan nak haji gratis. Hadiah umrah diberikan kepada warga yang mengikuti 40 kali salat Zuhur berjamaah secara berturut-turut tanpa terputus.

Naik haji gratis diberikan kepada warga yang menunaikan salat Zuhur berjamaah 52 kali berturut-turut. Sementara itu, hadiah mobil akan diberikan kepada warga yang telah menunaikan 52 kali salat berjamaah secara berturut-turut dan lulus dalam proses penilaian yakni, kerajinan dan tepat waktu.

Adapun persyaratan dari program ini adalah warga diharuskan mengumpulkan fotokopi kartu tanda penduduk kepada panitia yang terdiri atas unsur TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan Petugas Satpol PP.

Program salat dapat hadiah ini menuai kritik dari masyarakat dan ulama. Terakhir, kritikan datang dari Dirjen Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama.

Meski demikian, Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan, tetap bertekad meneruskan program ini.

"Pendanaan untuk hadiah umrah dan naik haji telah dianggarkan dalam APBD Kota Bengkulu tahun 2014 sebesar Rp23 miliar. Sementara itu, untuk hadiah mobil dikumpulkan dari sumbangan para donatur," kata Helmi, Selasa 18 Februari 2014.

Saat ini, telah terkumpul lima unit mobil dari 10 unit yang dibutuhkan untuk program ini. Satu unit merupakan sumbangan Helmi Hasan akan dijadikan hadiah yang lolos dalam perlombaan tingkat kota.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Sementara itu, sembilan unit lainnya akan diberikan kepada pemenang tingkat kecamatan.

Selain mobil, umrah, dan naik haji, juga ada hadiah berupa 67 unit sepeda motor untuk tingkat kelurahan. Namun, pelaksanaan program ini untuk tingkat kecamatan dan kelurahan baru akan dimulai tahun depan.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah peserta yang telah terdaftar dalam program Bengkuluku Religius telah mencapai 645 orang. Dengan rincian, 507 orang merupakan warga Kota Bengkulu dan 138 orang warga dari luar Kota Bengkulu.

Ke-645 warga ini, jika mampu mengikuti 10 kali salat berjamaah akan diberikan ID card peserta. Bahkan, mereka juga akan diabsen dengan menggunakan mesin sidik jari yang rencananya dipasang di pintu-pintu masuk masjid.

Namun, khusus bagi peserta wanita yang tengah berhalangan, tak perlu khawatir. Mereka masih dapat mengikuti program tersebut tanpa harus mengikuti salat, yakni melayani para jamaah lain, seperti mempersiapkan sajadah dan mengatur susunan sandal. (art)

Laporan Fery Yustika, ANTV Bengkulu

Chandrika Chika

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Sebelumnya, Keluarga Chandrika Chika menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan untuk menjenguk sang putri, pada Rabu malam 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024