Artis-artis Cantik di Pusaran Kasus Korupsi Wawan

Jennifer Dunn
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews - Kasus korupsi yang menjerat adik kandung Gubernur Banten (nonaktif) Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardana, menyeret sejumlah nama artis cantik. Siapa saja mereka?

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Wawan diduga korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) Pemerintah Provinsi Banten tahun anggaran 2011-2013. Dia bersama kakaknya kemudian ditetapkan sebagai tersangka pada 6 Januari lalu.

Selain itu, keduanya juga dijerat dengan pasal penyuapan. Wawan bersama-sama dengan Ratu Atut diduga menyuap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar terkait pengurusan perkara pilkada Lebak, Banten.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Dari kasus korupsi di atas, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemudian mengembangkan kasus Wawan ke pencucian uang. Wawan ditetapkan sebagai tersangka pencucian uang pada 13 Januari 2014.

Terkait pencucian uang Wawan, KPK sudah menyita 38 mobil dan satu unit sepeda motor gede. Kendaraan ini disita dari berbagai pihak, termasuk anggota DPRD Banten dan artis.

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Berikut nama sejumlah artis yang terseret kasus pencucian Wawan:

Jennifer Dunn

Jennifer Dunn Diperiksa KPK
Sejauh ini, baru model dan cantik ini yang sudah merasakan pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus pencucian uang dengan tersangka Tubagus atau Wawan.

Jennifer mendatangi kantor KPK di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan pada 14 Februari lalu. Saat tiba di kantor KPK sekitar pukul 09.57 WIB, Jennifer mengenakan kemeja putih dan celana jeans belel.

Perempuan cantik itu tak datang seorang diri. Di sampingnya, pengacara kawakan Hotman Paris Hutapea tampak memegang erat tangan Jennifer.

Jennifer sendiri mengakui menerima mobil dari Wawan sebagai hadiah karena masuk ke dalam Production House (PH) yang dikelola Wawan. PH Wawan kata Jenni, berniat menggaetnya untuk bermain dalam sebuah produksi. "Buat film," ujar Jennifer.

Dia membantah memiliki hubungan khusus dengan suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu. Jenni mengaku belum setahun mengenal Wawan yakni pada Juli 2013 lalu. "Nggak ada (pacaran). Hubungan sama dengan Mas Wawan cuma teman aja engga lebih," ujar Jennifer.

Meski begitu, dia menolak membeberkan di mana perkenalannya dengan adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu.

Sebelumnya, penyidik KPK memang sudah menyita sebuah mobil Toyota Vellfire putih berplat nomor B 510 JDC dari kediaman Jennifer di Jalan Bangka, Jakarta Selatan. Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan bahwa mobil tersebut diketahui mobil pribadi Jennifer. "STNK atas nama Jennifer Dunn," kata Juru Bicara Johan Budi.

KPK menduga mobil milik Jennifer terkait pencucian uang Wawan. Menurut informasi yang dihimpun, pemberian yang diberikan Wawan kepada Jennifer Dunn bukan hanya mobil. Jeniffer juga disebut menerima sejumlah uang dan perhiasan dari Wawan.

Catherine Wilson

Catherine Wilson

Bersama Jennifer Dunn, KPK juga sebetulnya memanggil artis Chaterine Wilson di hari kasih sayang itu. Model papan atas ini juga akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus tindak pidana pencucian uang yang dilakukan Wawan.

Namun, surat panggilan tak sampai ke tangan Catherine. “Ada konfirmasi surat panggilan tidak diterima. Alamatnya berubah, jadi tidak sampai pada yang bersangkutan,” kata juru bicara KPK Johan Budi, kala itu. Menurut Johan, penyidik akan menjadwal ulang pemeriksaan artis yang biasa disapa Keket itu.

Chynthiara Alona

Cynthiara Alona

Artis seksi ini belum dipanggil KPK. Namun, dia sudah mengirim tim pengacara ke kantor Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan KPK untuk mengklarifikasi soal dugaan aliran dana dari Wawan itu, Rabu 18 Februari 2014.

"Kami ingin mengklarifikasi terkait dugaan klien kami yang disebut menerima aliran dana dari tersangka Wawan yang dalam proses penyidikan di KPK," kata Sunan Kalijaga, kuasa hukum Chynthiara Alona.

Sunan juga mengaku, juga mewakili artis Cathrine Wilson dan beberapa artis lain yang namanya disebut menerima aliran dana dan hadiah berupa mobil dan rumah dari Wawan. Kendati demikian, lanjut Sunan, kliennya merasa dirugikan atas pemberitaan bahwa kliennya menerima aliran dana dan harta benda dari Adik Kandung Gubernur Banten, Ratu Atut tersebut.

"Dia merasa sangat dirugikan, nama baiknya dicemarkan. Kalau nanti memang tidak ada nama klien kami dalam daftar penyidikan itu, kami meminta KPK dan PPATK untuk memulihkan nama baik mereka," katanya.

Dalam sebuah jumpa pers, beberapa waktu lalu, Alona membantah jika mobil Porsche warna merah bernomor polisi A10NA itu pemberian dari Wawan.

Syahrini

Syahrini di Hong Kong

Penyanyi satu ini pun ikut terseret. Namanya disebut-sebut menerima aliran dana dari Wawan. Namun, Syahrini membantah.

"Saya tegaskan, saya nggak kenal Wawan," ujar Syahrini, beberapa waktu lalu. Dia pun menantang semua pihak untuk mencek rekening pribadinya.

Penyanyi asal Bogor ini mengaku tak tahu-menahu soal aliran dana Wawan yang saat ini masih menjadi sorotan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi. Ia pun mengatakan justru sedang sibuk mengurusi dana yang lain, yakni dana korban letusan gunung Sinabung.

"Nggak ada itu aliran dana. Saya sedang sibuk galang dana untuk Sinabung. Aliran dana Sinabung lebih penting dari aliran dana Wawan," kata dia, 11 Februari lalu.

Meski demikian, dikisahkan Syahrini, ia hanya sempat mengenal kakak Wawan, Ratu Atut. "Pernah ada kontrak kerja sama. Tetapi, aku nggak pernah dikenalkan sama keluarganya," ujarnya.(eh)

Adik Ratu Atut, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan.

(foto: Tubagus Chaeri Wardana, adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya