Hujan Abu Kelud, Wisata Gunung Kidul Turun Drastis

Goa Pindul Yogyakarta
Sumber :
VIVAnews - Hujan abu vulkanik letusan gunung Kelud yang sampai di wilayah kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta berdampak buruk pada sektor pariwisata. Angka kunjungan wisata menurun drastis hingga 50 persen.
Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Informasi yang dihimpun, Ahad, 16 Februari 2014, banyak agen wisata yang membatalkan kunjungannya sejak jumat lalu. Mereka beralasan, para wisatawan tidak nyaman.
Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Di obyek wisata andalan kabupaten itu, Goa Pindul, jumlah kunjungan wisata menurun drastis sejak Jumat lalu. 
Surya Paloh Akui Berkontemplasi Lama Sebelum Putuskan Gabung ke Koalisi Prabowo

"Sebagian agen membatalkan kunjungan ke obyek wisata alam Goa Pindul dan rafting Sungai Oya dengan alasan para wisatawan tidak nyaman dengan adanya abu vulkanik," kata Budi Haryono, pengelola kawasan wisata itu.

Menurut Budi, biasanya pada setiap akhir pekan satu operator wisata Goa Pindul mampu melayani 1000 wisatawan dari berbagai daerah. Namun sejak terjadi hujan abu pada jumat lalu, angka kunjungan jauh dari angka itu.

Akibat lanjutnya, para operator mengalami kerugian hingga jutaan rupiah karena harus menanggung biaya catering yang sudah terlanjur dipesan.

Para pelaku wisata berharap kondisi segera kembali normal sehingga kerugian di sektor wisata tidak semakin besar dan berkepanjangan.

Laporan: Lucas Didit - tvOne Yogyakarta
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya