Abu Vulkanik di Bandara Adisoemarmo Mulai Dikeruk

Pesawat tertutup abu Gunung Kelud di Bandara Adi Sumarmo, Solo
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq

VIVAnews -  Akibat dampak letusan gunung Kelud, Bandara Adisoemarmo di Solo, Jawa Tengah masih tutup hingga hari ini.

5 Fakta Mengerikan Timnas Indonesia Usai Singkirkan Korea Selatan di Piala Asia U-23

Pembersihan abu vulkanik yang menutupi komplek bandara dan landasan masih terus dilakukan. Sesuai rencana awal, bandara baru akan mulai dibuka senin esok.

Sejumlah petugas Bandara Adisoemarmo terus dikerahkan untuk membersihkan abu vulkanik dari komplek dan landasan bandara. Pembersihan abu vulkanik dilakukan secara manual dengan mengeruk dan mengambil tumpukan abu vulkanik, yang sudah padat akibat terkena air hujan.

Abu vulkanik yang sudah terkumpul kemudian dibuang di luar kawasan bandara. Sedangkan area sudah dikeruk langsung disemprot dengan air, guna membersihkan sisa abu vulkanik yang masih menempel di landasan pesawat.

Petugas Safety Managemen System Bandara Adisumarmo, Kadari mengatakan sejumlah mekanik pesawat juga terus melakukan pembersihan abu vulkanik yang menutupi badan pesawat,

Paska Gunung Kelud di Jawa Timur meletus, tak ada maskapai penerbangan yang berani melintas di langit sekitar letusan Kelud. Abu Kelud menyebar ke wilayah timur laut dengan ketinggian mencapai 150 ribu kaki, dan ke barat laut dengan ketinggian hingga 550 ribu kaki. Abul vulkanik ini amat berbahaya bagi kinerja mesin pesawat. (adi)

Laporan: Agus Saptono (tvOne/Boyolali-Jawa Tengah)

Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Gorontalo, Amir Halid kini terus berlanjut dan belasan korbannya sudah melapor ke Polisi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024