BPBD Yogyakarta Ajukan Rp2 Miliar untuk Bersihkan Abu Kelud

Hujan abu vulkanik Kelud di Perempatan Tugu, Yogyakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika

VIVAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mengajukan dana Rp2 miliar dalam masa tanggap darurat bencana abu vulkanik erupsi gunung Kelud. Dana tersebut berasal dari APBD Provinsi dan BNPB.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

"Dana ini nantinya akan digunakan untuk upaya menangani abu vulkanik Gunung Kelud yang cukup menumpuk di DIY," kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Gatot Saptadi, Sabtu 15 Februari 2014

Menurutnya, jika dana cair kurang dari besaran yang diajukan, maka pihaknya tetap akan mengoptimalkan dana yang ada untuk menindaklanjuti SK Gubernur DIY No 27/KEP/2014 yang menetapkan Yogyakarta darurat abu vulkanik letusan Gunung Kelud.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Kami akan optimalkan dana yang ada demi masyarakat Yogyakarta yang terkena imbas abu vulkanik dari erupsi Genung Kelud," tuturnya

Kata Gatot, tumpukan abu vulkanik yang berada di jalan-jalan dan juga rumah-rumah warga, serta di fasilitas umum, telah membuat aktivitas ekonomi masyarakat lumpuh. Termasuk pendidikan. Sejumlah sekolah bahkan diliburkan.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

"Kami berusaha membersihkan abu vulkanik yang berada di jalan-jalan dan juga difasilitas umum lainnya. Semoga cepat selesai dan tidak ada erupsi yang besar lagi," ujarnya. (adi)

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan pihak yang menawarkan paket umrah dan haji khusus dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024