1.500 Orang Bersihkan Bandara Adisucipto, Ketebalan Abu 7 Cm

Bandara Adisucipto dibersihkan dari abu Kelud.
Sumber :
  • VIVAnews/Ochi April
VIVAnews
Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024
– Sedikitnya 1.500 personel diterjunkan untuk membersihkan landasan pacu Bandara Adisucipto Yogyakarta, Sabtu 15 Februari 2014. Bandara ini ditutup sejak Jumat kemarin karena diselimuti abu vulkanik tebal dari letusan Gunung Kelud.

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

General Manager PT Angkasa Pura, Kolonel Penerbang Andi Gunawan Wirson, mengatakan pembersihan bandara dilakukan sejak Jumat kemarin dan dilanjutkan hari ini. “Pembersihan oleh TNI AU, Kepolisian, staf maskapai, dan karyawan Angkasa Pura. Total berjumlah sekitar 1.500 orang,” kata Andi Gunawan kepada
C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan
VIVAnews .


Ketebalan abu di landasan pacu Bandara Adisucipto mencapai 7 centimeter. Sementara di lokasi parkir pesawat mencapai 2 centimeter. “Yang agak sulit dibersihkan adalah landasan pacu. Tapi dengan bantuan TNI dan Polri, kami harap Selasa pekan dengan bandara sudah bisa digunakan,” ujar Andi.


Pembersihan dilakukan dengan menyapu landasan, selanjutnya disiram dengan air yang telah disiapkan mobil pemadam kebakaran milik PT Angkasa Pura. “Semoga saja ada hujan, minimal bisa membantu mempercepat pembersihan abu vulkanik ini meski kami tetap harus mengangkat abu yang cukup tebal,” kata Andi.


Berdasarkan pantauan VIVAnews, di apron tampak tiga pesawat milik Citilink, Garuda Indonesia, dan Wings Air yang juga sedang dibersihkan.


Loket diserbu ratusan calon penumpang


Antrean ribuan calon penumpang terlihat di sejumlah loket maskapai penerbangan di Bandara Adisucipto, Sabtu 15 Februari 2014. “Tidak tahu nanti dilayani jam berapa, karena antreannya cukup panjang,” kata Rasum yang akan ke Banjarmasin menggunakan pesawat Lion Air.


Rasum bersama keluarganya sudah sejak Kamis berada di Yogja. “Saya terpaksa memperpanjang tinggal di Yogya. Semoga bandara secepatnya dibuka,” kata dia.


Sementara Emil, warga Yogya, mengalihkan moda transportasinya ke kereta api. “Terpaksa harus naik kereta ke Jakarta. Semoga saja tiket kereta masih ada,” kata Emil. Dia hendak ke Jakarta untuk terbang dari Bandara Soekarno-Hatta ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Dody Arista, staf PT Garuda Indonesia, mengatakan pengembalian uang tiket (refund) sudah berlangsung sejak Jumat kemarin. “Sesuai instruksi dari pusat, pengembalian tiket pesawat dibayar penuh,” kata dia. PT Garuda Indonesia juga menyiapkan loket di Hotel Inna Garuda dan Hotel Royal Ambarrukmo.


Antrean panjang juga terlihat di loket maskapai penerbangan Lion Air dan Batik Air. Maskapai penerbangan  yang membuka loket untuk refund di Bandara Adisucipto adalah Lion Air, Merpati Airlines, Garuda Indonesa, Air Asia, Mandala, Sriwijaya Air. (umi)


Laporan: Ochi April, Yogyakarta
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya