Diselimuti Abu Kelud, Bandara Adisumarmo Solo Tutup 3 Hari

Pesawat tertutup abu Gunung Kelud di Bandara Adi Sumarmo, Solo
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq
VIVAnews
Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya
– Bandara Adisumarmo di Solo masih diselimuti abu vulkanik dari Gunung Kelud, Sabtu 15 Februari 2014. Landasan pacu tertutup debu tebal vulkanik. Pagi ini petugas terlihat membersihkan landasan pacu dan pesawat-pesawat.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

General Manager Bandara Adisumarmo, Abdulah Usman, mengatakan sesuai instruksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bandara ditutup untuk penerbangan hingga Minggu besok, 16 Februari 2014. “Rencananya Senin pekan depan, bandara sudah bisa beroperasi,” kata dia.
Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23


Hal serupa dikatakan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan. “Senin pagi, 17 Februari, pukul 06.00 WIB, bandara di Solo dibuka. Sementara Bandara Adisucipto di Yogyakarta dibuka Selasa, 18 Februari, pukul 07.00 WIB,” ujarnya.


Paska Gunung Kelud di Jawa Timur meletus, tak ada maskapai penerbangan yang berani melintas di langit sekitar letusan Kelud. Abu Kelud menyebar ke wilayah timur laut dengan ketinggian mencapai 150 ribu kaki, dan ke barat laut dengan ketinggian hingga 550 ribu kaki. Abul vulkanik ini amat berbahaya bagi kinerja mesin pesawat.


Abu vulkanik Kelud bahkan terbang hingga ke Jawa Barat, menyelimuti tipis Bandung dan Tasikmalaya. Bandara Husein Sastranegara di Bandung pun ditutup dan baru akan dibuka siang ini pukul 12.00 WIB. (umi)


Laporan: Agus Saptono, tvOne
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya