Aktivitas Kelud Reda, Bandara Juanda Dibuka Pukul 13.00

Bandara Juanda Surabaya dihujani abu vulkanik Kelud
Sumber :
  • Tudji Martudji/VIVAnews
VIVAnews
5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa
– Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur, kembali beroperasi Sabtu siang ini, 15 Februari 2014. Bandara ini termasuk satu dari 7 bandara yang ditutup setelah Gunung Kelud di perbatasan Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar meletus Kamis malam, 13 Februari 2014.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

“Bandara Juanda ditutup hanya sampai pukul 13.00 WIB hari ini. Setelah itu beroperasi lagi,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan, kepada
Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan
VIVAnews .


Selain Juanda, Bandara Husein Sastranegara di Bandung juga akan dibuka siang ini. “Bandara di Bandung tutup sampai pukul 12.00 WIB, lalu dibuka kembali,” ujar Bambang.


Selain dua bandara itu, pukul 08.00 WIB pagi ini Bandara Abdurrahman Saleh di Malang dan Bandara Tunggul Wulung di Cilacap juga telah beroperasi. Sementara Bandara Ahmad Yani di Semarang masih dievaluasi untuk dilihat apakah bisa dibuka atau tidak.


Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan bandara-bandara yang ditutup karena dihujani abu vulkanik Kelud akan langsung dioperasikan kembali saat aktivitas vulkanik Gunung Kelud reda. “Kalau erupsinya tidak besar, bisa langsung dibuka,” kata dia.


Paska Kelud meletus, tak ada maskapai penerbangan yang berani melintas di langit sekitar letusan Kelud. Abu Kelud menyebar ke wilayah timur laut Kelud dengan ketinggian mencapai 150 ribu kaki, dan ke barat laut Kelud dengan ketinggian hingga 550 ribu kaki. Abul vulkanik ini amat berbahaya bagi kinerja mesin pesawat. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya