Pengungsi Gunung Kelud "Darurat" MCK dan Logistik

Pengungsi Gunung Kelud di Kediri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syaiful Arif

VIVAnews - Posko pengungsian warga di Balai Desa Sumber Agung, Kecamatan Ploso Klaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur terus dipadati warga. Pelaksana Harian Kades Sumber Agung, Pudji Saksono, menyebut bahwa jumlah pengungsi saat ini mencapai sekitar 300 orang.

“Wilayah kita ada lima pedukuhan, terdiri dari 37 RT dan 9 RW. Pengungsi tambahan dari satu dusun, Karang Nongko, jumlah peduduk 2.401 jiwa, dari 726 KK. Saat ini ada 300-an, dan bisa bertambah,” kata Pudji  yang juga penanggungjawab posko.

Dengan jumlah itu, lanjut Pudji, bisa dipastikan posko pengungsian akan over kapasitas. Ia pun harus mencari tambahan lokasi atau bangunan yang aman untuk menampung warga pengungsi. “Kita pastikan kurang. Dan kita sedang carikan lokasinya, kalau bisa tidak jauh dari tempat ini,” ujarnya.

Posko pengungsian cenderung akan diarahkan ke Masjid LDII di Desa Sidomulyo. Kemungkinan itu diperkuat, jika ada aliran lahar dingin yang melintas di Desa Sumber Agung. Sebab, desa itu ada di bawah tanggul Kelud. “Selama tanggul tidak jebol, desa ini aman dari lahar dingin,” ucapnya.

Lebih Berpengalaman Soal Pernikahan, Raffi Ahmad Kasih Pesan Buat Rizky Febian dan Mahalini

Selain kendala tempat, para pengungsi juga butuh lebih banyak bantuan logistik. Sebagian sudah sampai, tapi menurut Pudji masih kurang. Ia menyebut, pengungsi butuh tikar untuk alas tidur, selimut, pembalut, popok bayi, susu atau bubur bayi, masker, MCK, dan tendon air.

“Karena di sini hanya ada satu MCK untuk mandi, jadi harus bergantian,” Pudji menambahkan. (one)

Massa mengawal Narjo daftar jadi calon bupati Brebes ke PDIP

Dikawal Massa Pendukung, Narjo Resmi Daftar Bakal Calon Bupati Brebes ke PDIP

Wakil Bupati Brebes dua periode Narjo resmi mendaftar menjadi bakal calon Bupati Brebes ke PDIP. Dirinya yang mengembalikan formulir pendaftaran dikawal massa pendukung.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024