NASIONAL

FOTO: Pesawat di Sejumlah Bandara Mandi Abu Kelud

Sejumlah bandara terpaksa ditutup akibat terganggu abu vulkanik Kelud.
Jum'at, 14 Februari 2014
Oleh : Dwifantya Aquina
Pesawat tertutup abu Gunung Kelud di Bandara Adi Sumarmo, Solo
VIVAnews - Bandar Udara Internasional Adi Sucipto, Yogyakarta, ditutup sementara akibat terganggu abu vulkanik dari Gunung Kelud yang meletus pada Kamis malam, 13 Februari 2014, pukul 22.50 WIB. Belum dapat dipastikan sampai kapan penutupan ini akan dilakukan.

Dijelaskan General Manager Bandar Udara Adi Sucipto, Yogyakarta, Andi G. Wilson, hingga kini bandara masih ditutup dan terus dipantau akibat dampak dari erupsi Gunung Kelud. 

"Masih terjadi hujan debu dan ketebalan saat ini mencapai 3-4 cm. Karena itu kita terpaksa harus menutup bandara," katanya Jumat, 14 Februari 2014. 

Menurut Andi, penutupan bandara ini dilakukan sejak pukul 05.00 WIB, dan sudah dikordinasikan dengan pihak terkait. Saat ini kondisi cuaca turun hujan ringan yang disertai dengan abu vulkanik. Jarak pandang di landasan hanya sejauh 1,5 kilometer. 

Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, juga dipastikan tutup dan tak melayani jadwal penerbangan sampai Sabtu 15 Februari 2014. Kepastian tersebut, disampaikan kepada seluruh penumpang yang berada di terminal 1 dan 2. 

Akibat penutupan ini, sekitar 386 penerbangan sehari, atau sekitar 15 ribu penumpang pesawat, dipastikan tidak mendapatkan pelayanan di bandara Internasional Juanda. Para penumpang yang sudah terlanjur di terminal, masih terlihat mengantre di gerai reservasi masing-masing maskapai untuk melakukan pembatalan.

Dalam pembatalan penerbangan, para penumpang mendapatkan pilihan untuk refund (dikembalikan 100 persen), ganti jadwal penerbangan, atau diinapkan di hotel sambil menunggu waktu keberangkatan yang baru mulai Sabtu.


Selain itu, Bandara Adi Soemarmo, Solo juga terpaksa ditutup karena dampak hujan abu letusan Gunung Kelud. Akibatnya, 480 penumpang yang sedianya berangkat menggunakan empat maskapai penerbangan menjadi batal terbang.

Pantau di lapangan, Jumat 14 Februari 2014, kondisi landasan dan apron Bandara Adi Soemarmo tertutup abu Kelud. Bahkan, empat pesawat yang parkir di bandara itu sejak tadi malam. Sedianya pesawat itu akan terbang menuju beberapa kota tujuan pada Jumat pagi ini.

GM Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan pesawat yang tertutup abu dampak letusan Gunung Kelud itu di antaranya Lion Air, Garuda, Sriwijaya dan Kalstar. Karena kondisi bandara yang tertutup abu menyebabkan empat pesawat itu tidak bisa berangkat terbang.

Keempat pesawat tersebut masing-masing rencananya akan terbang ke kota tujuan seperti Jakarta, Balikpapan dan Banjarmasin. "Lion, Garuda dan Sriwijaya itu tujuan ke Jakarta. Sedangkan yang Kalstar tujuan Balikpapan dan Banjarmasin," ucap dia.

Dampak dari penutupan itu, disebutkan dia menyebabkan sebanyak 480 penumpang tidak bisa berangkat. "Ya, karena kondisi seperti ini mau bagaimana lagi, penutupan bandara ini dilakukan hingga waktu yang tidak ditentukan," ujarnya.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found